Perbedaan Discount Dan Cash Back

Dalam teknik marketing dikenal berbagai macam teknik untuk menarik pembeli dengan menurunkan harga. Dua istilah pemasaran yang sering digunakan oleh pedagang adalah Discount dan Cash Back. Pada dasarnya dua metode di atas adalah sama yaitu mengurangi harga jual. Namun apa perbedaannya?

Discount adalah bentuk potongan harga jual di muka untuk konsumen, biasanya dalam bentuk persentase. Misal Laptop seharga Rp 10.000.000,- jika diberi discount 30%, maka harga jualnya mengalami pemotongan Rp 3.000.000,- dan harga jual setelah discount menjadi Rp 7.000.000,-.




Sedangkan Cash Back adalah bentuk potongan harga jual untuk konsumen dan pemberlakuannya di belakang, biasanya dalam bentuk sejumlah rupiah. Pemberlakuan potongan di belakang maksudnya setelah pembeli melakukan pembayaran tunai ataupun down payment (untuk pembelian kredit) dan kadang disertai syarat tertentu. Misal Mobil seharga Rp 100.000.000,- dengan down payment Rp 30.000.000,- cash back Rp 5.000.000,- artinya setelah pembeli membayar uang muka dan mobil diterima, baru pembeli akan memeroleh pengembalian uang Rp 5.000.000,-. Atau mungkin saja pengembalian uang tadi dilakukan saat pembayaran angsuran pertama.

Jadi perbedaan pokok antara discount dan cash back hanya terletak pada pemberian potongan harga di depan atau di belakang. Dan dalam perkembangannya pedagang kadang menambah syarat-syarat akan berlakunya potongan tersebut atau menggunakan istilah yang lebih menarik bagi konsumen. Misalnya untuk discount ada istilah buy 1 get 1 (sama dengan discount 50% namun pembeli "dipaksa" membeli minimal dua item), discount 50%+20% (sama dengan discount 60%) dan lain-lain.

Ada yang mau menambahkan?
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

9 komentar

jd pengin belanja klo ada voucher :D

Reply

Masih kurang paham dengan cashback dalam praktiknya, hmm

Reply

Masih kurang paham dengan cashback dalam praktiknya, hmm

Reply

itu maksudnya 50+20=60% gimana ya? kok gak 70%?

Reply

Discount pertama : 50%
Discount kedua : 20% dari 50% = 20% X 50% = 10%
Total discount 50% + 10% = 60%

Reply

thanks ya penjelasannya lebih konkret sekarang ;)

Reply

thanks bro sekarang ane udah paham.
yang mau belanja bisa kunjungi www.killiwatch.com mumpung lagi ada potongan harga :)

Reply

Kalau arti dari "buy 1 get 1 freebei" apa ya?

Reply

Marketing memang sangat unik,
tapi harus di gunakan dengan bijak' sama sama untung

Reply

Poskan Komentar