PLN sekarang sudah bukan PLN yang dulu lagi. Kalau dulu, mau pasang jaringan listrik baru harus lewat calo. Bisa dibayangkan biaya pemasangan bisa membengkak dari pada biaya seharusnya. Sekarang melalui website-nya kita bisa melakukan berbagai hal mulai dari pemasangan jaringan, penambahan dan pengurangan daya listrik, sampai cek tagihan listrik bulanan. Dan semua itu tentunya bisa dilakukan dengan biaya resmi. Bye.. bye..calo...
Yang ingin saya ceritakan di sini adalah pengalaman saya melakukan penambahan daya listrik dari 450VA (watt) ke 900VA melalui internet. Sebagai gambaran,lokasi saya di sebuah desa agak pelosok (hehe...) di Kabupaten Magelang. Ada beberapa hal yang harus kita siapkan sebelum kita melakukan permohonan daya secara online ini. Diantaranya : Nomor ID Pelangggan atau ID Meter (dapat dilihat di rekening tagihan listrik atau meteran listrik), KTP/SIM atau identitas lain (kecuali anda hapal nomor induk kependudukan atau nomor SIM hehe...), nama email anda (kalau tidak punya ya buat dulu dong...) dan terakhir uang administrasi (gak boleh bayar pakai daun ya..).
Setelah semua disiapkan, berikut langkah-langkahnya :
Yang ingin saya ceritakan di sini adalah pengalaman saya melakukan penambahan daya listrik dari 450VA (watt) ke 900VA melalui internet. Sebagai gambaran,lokasi saya di sebuah desa agak pelosok (hehe...) di Kabupaten Magelang. Ada beberapa hal yang harus kita siapkan sebelum kita melakukan permohonan daya secara online ini. Diantaranya : Nomor ID Pelangggan atau ID Meter (dapat dilihat di rekening tagihan listrik atau meteran listrik), KTP/SIM atau identitas lain (kecuali anda hapal nomor induk kependudukan atau nomor SIM hehe...), nama email anda (kalau tidak punya ya buat dulu dong...) dan terakhir uang administrasi (gak boleh bayar pakai daun ya..).
Setelah semua disiapkan, berikut langkah-langkahnya :
- Buka situs PLN dan klik pada bagian penambahan daya disini.
- Isi ID Pelanggan atau ID Meter, klik cari dan tunggu sampai data pelanggan/ data kita terpampang.
- Klik pada tab penambahan daya, dan isi identitas anda sesuai kolom yang ada. Jika identitas anda sama dengan data pelanggan yang terpampang pada data base PLN, anda tinggal centang pada pilihan copy data pelanggan.
- Isi perubahan daya yang anda inginkan. Bisa menambah ataupun mengurangi daya.
- Setelah itu akan muncul nominal biaya yang harus anda bayar untuk penambahan daya. Kalau yang anda lakukan pengurangan daya, maka tidak akan dipungut biaya.
- Kalau sebelumnya anda masih memakai meteran listrik lama dan sistem pembayaran pasca bayar, maka atas kebijakan PLN meteran akan diganti dengan meteran baru dan sistem pembayaran menjadi pra bayar. Untuk hal ini kadang terjadi penolakan para pelanggan PLN, karena mereka menganggap sistem pra bayar membuat biaya listrik lebih mahal.
- Setelah proses ini selesai, anda akan memperoleh email dari PLN berisi permohonan perubahan daya yang anda lakukan. Dalam email anda akan diminta melakukan konfirmasi dengan mengklik link yang ada.
- Dari link tersebut anda akan dibawa kembali ke situs PLN dan diberikan kode bayar beserta jumlah uang yang harus anda bayar. Kode bayar tersebut juga akan diemailkan ke email kita.
- Bayar ke tempat-tempat yang ditunjuk oleh PLN seperti Bank tertentu, Kios PPOB dan Kantor Pos Indonesia. Saya sendiri memilih bayar ke kantor pos karena lebih simpel.
- Di kantor pos anda bilang ke pegawai pos ingin membayar tambah daya PLN, kemudian pegawai pos akan meminta anda menyebutkan kode bayar.
- Setelah kode bayar diinput pegawai, akan terpampang nama pelanggan, ID pelanggan dan jumlah yang harus dibayar. Kantor pos akan membebankan biaya administrasi sebesar Rp 1.900,-. Jadi yang harus anda bayar adalah biaya dari PLN plus biaya admin kantor pos. Sebagai ilustrasi biaya penambahan daya saya dari 450VA ke 900VA adalah Rp360.500,- plus biaya admin Rp1900,- jadi total biaya Rp362.400,-.
- Langkah terakhir, anda tinggal menunggu petugas PLN datang dan mengganti meteran anda sekaligus menaikkan dayanya. Sebagai ilustrasi lagi, proses saya dari mulai membayar tagihan sampai petugas PLN datang adalah 10 hari kerja. Dalam situsnya dijanjikan bahwa proses penambahan daya ini akan berlangsung 7 hari kerja, tapi mungkin karena posisi rumah saya yang agak pelosok jadi agak lama.
Selama menunggu anda bisa melakukan pengecekan status permohonan anda dengan fasilitas yang tersedia di situs. Tinggal masukkan ID Pelanggan/ ID Meter dan akan muncul informasi mengenai proses yang sedang dilalui selama penambahan daya. Setelah 7 hari petugas PLN tidak datang, saya sempat mengirim email ke PLN untuk menanyakannya, namun sampai hari ini, ketika petugas telah berhasil melakukan penambahan daya, email saya belum dibalas. Sekian pengalaman saya dalam melakukan permohonan penambahan daya lewat internet, dan selama proses ini berlangsung saya tidak mengeluarkan biaya selain yang saya sebutkan tadi. Tidak ada penambahan biaya untuk penggantian meteran ataupun sekedar uang lelah bagi petugas PLN yang datang. Bila ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar di bawah. Terima kasih.
73 komentar
Tks infony, sangat membantu
ReplyIni yg saya cari infonya gan, ga perlu susah2 nyari tkg pln
ReplyThx
Bagus infonya sob, thanks
ReplyMantap sangat membantu, thanks.
ReplyRencana mau nurunin daya :)
klo turun daya gmn ya?
Replymohon di bantu
Saya juga ada niat mau nambah daya listrik dirumah dari 450VA ke 900VA, tapi saya maunya tetep dengan sistem pasca bayar bisa ngga yaa? saya keberatan deh kalo harus pra bayar seandainya mau nambah daya :) #KebijakanPLN? kebijakan dalam hal apa yaa? krn sy ngga pernah nunggak bayar listrik hehehe :)
ReplySaya kurang tahu mbak... Saya juga bukan orang PLN hehe... Tapi sepertinya telah menjadi program PLN untuk mengubah semua sambungan dari pasca bayar menjadi pra bayar...
ReplyTerima kasih gan.. !
ReplyInfo nya membantu banget..jadi gak perlu repot2.. :)
bos kok saya coba data tidak ditemukan ,kenapa ya
Replymungkin salah isi data pelanggan
ReplyDi wilayah Garut jadi segini :
ReplyRp BP : Rp.
421,650
Rp Token : Rp.
19,231
Rp PPJ : Rp.
0,769
Rp Materai : Rp.
3,000
: Rp.
444,650
Tadi pagi saya baru saja melakukan penambahan daya di kantor PLN.
ReplyKemarin saya ada cek online biaya penambahan daya sebesar 300rb lebih.,
Tapi pas saya bayar di kantor PLN, malah ditagih sebesar 475rb.
Mengapa demikian ya ?
Kalau saya lebih nyaman tambah daya lewat online. Bayarnya lewat kantor pos. Jumlah pembayaran sudah pasti sama dengan tagihan online. Kalau kasus seperti di atas, saya tidak tahu ya... gak mau buruk sangka juga sama kantor PLN nya hehe...
Replysaya sekarang dalam status bermohon penmbahan daya online dari 900 ke 2200 tapi uangny saya blom taransfer, APA BISA SAYA BATALKAN PERMOHONAN INI MENJADI 1300 ?
ReplyLogikanya pihak PLN belum akan memproses kalau belum ada transfer uang. Jadi harusnya bisa dibatalkan...
ReplyDengar setelah proses naik daya selesai, ada biaya lagi yaitu biaya registrasi dari kantor regional PLN di luar biaya registrasi yang dibenbankan ketika mendaftar melalui web PLN. Apakah benar demikian?
ReplyPengalaman saya tidak ada biaya selain yang kita bayarkan lewat online mas...
ReplyPas banget hr ini saya jg nambah daya dari 6A jd 10 A atau dr 1300 VA ke 2200 VA. Prosesnya cpt skali...kmrn daftar (14-07-2015) hr ni (15-07-2015) petugasnya dtg. listriknya gk di rubah tuh ttp pk sistem yg pasca bayar..biayanya terhitung murah cuman 90.900+biaya admin 1.800 total 92.700. Suami sy daftar lngsung ke kantor PLN nya gk pake daftar online sgala. Oh ya kami tinggal di batam...mngkin tiap daerah lain kali yah peraturannya.
ReplyAssalmyalaikum...numpang koment ya
ReplyPertama : itu sudah program negara guna perubahan pada sistem kelistrikan,jd sdh baku alias bukan ntuk saat ini td ada penwaran dr konsumen
Kedua : tinggal kita ubah pola pikir aja ko intinya, malah kalau bagi saya lebih diuntungkan, karna bisa me ngatur pemakaian pribadai&tdk ada pernasalahan tentang tagihan seperti dialami pemakai pasca bayar dan juga untuk pembelian token jg sdh tidak sulit ko...trmksh
Pas banget nih infonya mas dan sangat membatu buat saya yg sedang mengalami gangguan kelistrikan(dirumah mertua/pedesaan kabupaten tuban jatim)
ReplySekedar share aja sy lbh terbantu dgn program "listrik pintar"
Terima kasih atas komentarnya mbak kiki
Replyweb pln ga bisa dibuka penuh dari hp. gak mobile friendly nih
ReplyKalau mau turun ke 900 atau 450 sepertinya harus pakai surat ket tdk mampu dr kelurahan, sungguh merepotkan :(
ReplyJadi terbantu dngan adanya sistem online seperti ini
Replypindah ke prabayar atau tetep pasca
ReplyMakasih banget gan../
Replykebetulan nii lagi nyari informasi....
tadi sempat hampir kena palak.
masak naikin dari 2200 ke 3500 kena 1, 7 jutaa...
di situs aslinya ternayat cuma 1, 27 juta doang.
dasar oknum..
Saya sudah 3 bln mendaftar pasang baru 900 watt di Baddoka Tapi sampai sekarang belum terpasang juga padahal sudah lunas semua termasuk SLOnya
ReplySaya sudah 3 bln mendaftar pasang baru 900 watt di Baddoka Tapi sampai sekarang belum terpasang juga padahal sudah lunas semua termasuk SLOnya
ReplySaya mau tanya dong mbak/mas. Sebelumnya pernah mengontrak rumah dengan daya 900 kemudian saya pindah kontrakan lagi dengan daya 2200 barang elektronik saya tidak nambah dan pemakaian listrik saya jg normal. Apa di daya 2200 TDL berbeda dgn yg 900? Saya tidak paham soal listrik, mohon bantuannya. Thanks
ReplyKalau tambah daya, pulsa yang ada di meteran lama gimana ya?
ReplySaya kok masih bingung ya? Ada penjelasan yang lebih detailnya?
ReplyLebih aman tambah daya pas pulsa mau habis :)
ReplyBagian mana yang bingung mas?
ReplyKalau tambah daya sekalian rubah nama user bisa lewat online?
ReplyTidak bisa.
ReplySippp
Replydi web PLN ada pilihan tambah daya pascabayar..rencana mau ajuin itu...nanti sama petugas PLN meterannya apa tetep di ganti pake token ya.. atau masih tetep bisa pascabayar ?
ReplyWaktu saya melakukan tambah daya, belum ada pilihan itu. Mungkin bapak/ibu bisa tanya ke customer service PLN, atau twit ke twitter resmi PLN. Pengalaman saya waktu tanya lewat twitter langsung ditanggapi
ReplyMau tambah daya on line kok gak muncul2 isiannya? Tolong yg tau caranya.
Replyom. td pagi saya ke teknisi pln nanyain info mau naik daya dari 450 ke 900Va, katanya harus pake kartu indonesia sejahtera atau surat keterangan dapat bantuan BLT... benarkah...?
ReplyOm..kira2..klo dr 1300 ke 2200..kena biaya brp y..
ReplyTerimakasih infonya
ReplyMksh inpo brmangfaat bngt. Klo ble tau agan pasang bln dan taun brp. Ko saya mau daptar katany harus trdaptar dlu d tnp2k
Replysaya mau tambah daya dr 450 ke 900 mohon d jwb ya gan :)
Sama banged nih ama masalahku sekarang. Aku tinggal fi perumahan. Dari awal sama pengembangnya dibikin daya 900 tapi kalo dirasa ko botos banged... Sama suami rundingan pngen ganti penurunan daya mas..
ReplyKira2 kalo udah aku turunkan daya suatu saat mau naik daya lagi apa bisa?
Sama banged nih ama masalahku sekarang. Aku tinggal fi perumahan. Dari awal sama pengembangnya dibikin daya 900 tapi kalo dirasa ko botos banged... Sama suami rundingan pngen ganti penurunan daya mas..
ReplyKira2 kalo udah aku turunkan daya suatu saat mau naik daya lagi apa bisa?
mas apa di kasi id pelangan bru sama pln ato pake yang lama kk
ReplyID pelanggan lama
ReplyHarusnya bisa. Kan emang PLN jualan listrik hehe...
ReplyTahun 2013. TNP2K? wah baru denger
ReplyKalau dari pasca bayar ke pra bayar, kemarin ada promo gratis.
ReplyApa hubungannya ya? coba lewat online dulu aja...
ReplyKlu nurunin gimana caranya dari 900 ke 450 ?
ReplyKatanya sekarang listrik naik ya ?
Replyterimakasih mas artikel sangat membantu ... tp bgni mas ceritanya gini saya mau nambah lantai jadi 2 lantai nah ada kanel PLN dari tetangga ke atap rumah mau pindahin itu kabel kira2 kena biaya berapa ya >? thx
Replyterimakasih tutorialnya,,
ReplySangat bermanfaat sekali,
Replyjadi lebih tau
Terimakasih atas informasinya mas. Baru saja saya juga ikuti petunjuk panjenengan untuk tambah daya via online. Dari 1300 ke 3500, kena 2.1jt-an. Mahal juga ya... Tapi apa daya, rakyat kecil seperti saya hanya mampu manut manut saja.
ReplyBanyaknya modus
ReplyDi rayon rajamandala..apj cimahi ..banyak calo ..calo nya malah satpam..1 konsumen 200 ribu di tarif sama satpam setempat..mohon di tindak lanjuti ..kasihan orang miskin ..bpk. PLN.
ReplyTKS INFONYA...
Replyma'af mau tanya, saya kan sudah melakukan permohonan perubahan daya dari kelas R1 ke B1 dan sudah melakukan pembayaran,, statusnya penyambungannya pun sudah sampai keterangan penyalaan 11 hari,,
Replyyang saya mau tanyakan kenapa kalau beli pulsa listrik masih dapatnya yang jenis R1 itu bukan yang baru B1? apa mesti nunggu ada petugas yang survey dulu?
tempo hari sy beli token untuk daya 900VA, jika kode tokennya kita masukkan ke 1300VA bisa nggan ya ?
Replymaksudnya pra bayar apa sitem isi ualng pulsa apa gimana ..apa bisa pasca bayar
ReplyDaya saya 900 klau bli pls 23.500 dpt 13kwh saya mau turunkan daya ke 450 biar gk trllu boros
ReplyDaya saya 900 klau bli pls 23.500 dpt 13kwh saya mau turunkan daya ke 450 biar gk trllu boros
Replyproses pengerjaannya sendiri berapa hari ya, soalnya kan ditinggal kerja sama sekolah, terus pas pemasangan ada tanda tangan surat dulu ndak?
ReplyKalo misal 900 d turunkan ke 450 bisa Ndak?
ReplyMau tanya gan. Aku hendak menurunkan daya dari 1300 ke 900 secara online. Tapi yang jadi pertanyaan bisakah aku lakukan jika meteran listrik ada di Jakarta dan pengajuan penurunan aku lakukan di Jatim Probolinggo. Makasih gan
ReplyApakah bisa dari daya 900v turun ke 450v
ReplyKalau turun daya listrik dari 1300va ke 900va bisa
ReplyKnp saya tdk bisa turun daya .
ReplyDaya listrik saya 1300 mu turun 900 apa 450 tp gk bisa.
Atas nama listrik ibu saya sedangkan ibu saya dah punya listrik .knp y.apa emang gka bisa
Posting Komentar