Cara Bersyukur Atas Nikmat Yang Diberikan Alloh SWT : Bukan Dengan Menuliskannya di Facebook

Di ranah media sosial, kadang kita membaca tulisan seperti ini atau yang semisal dengan ini :

Habis makan Udang Goreng Tepung, Cah Kangkung dengan Jus Alpukat di Restoran Kaki Enam bareng keluarga. Alhamdulillah kenyang....

Atau seperti ini :

Alhamdulillah, gubug kecil untuk berteduh sekeluarga sudah terbeli

Sepintas, memang tidak ada yang salah dengan status di atas. Apalagi dibumbui dengan ucapan pujian kepada Alloh SWT atas nikmat yang sedang dirasakan. Tapi benarkah cara bersyukur atas nikmat Alloh SWT seperti itu?
Ustadz Djazuli Lc menyatakan bahwa cara bersyukur yang benar, seperti yang tertulis dalam tulisan ini , adalah sebagai berikut :

  1. Pertama adalah dengan hati yaitu dengan mengembalikan semua nikmat kepada Allah, iman (memahami agama dengan benar) dan mengagungkan Allah.
  2.  Dengan lisan yaitu dengan selalu memuji- Nya dalam keadaan apapun. 
  3.  Dengan amal yaitu amal yang harus dilandasi keikhlasan dan sesuai dengan contoh Rasulullah SAW dan bukan sekedar ucapan lagi angan-angan.
Dari tiga cara di atas tentu tidak kita temukan cara bersyukur dengan menulis nikmat yang kita rasakan meskipun dibumbui dengan tulisan hamdallah. Bahkan, dikhawatirkan menceritakan nikmat kita kepada orang lain dengan menuliskannya di Facebook termasuk Riya' terselubung, seperti yang dituliskan Ustadz Firanda Andirja MA di sini , yaitu :
Seseorang menceritakan nikmat dan karunia yang banyak yang telah Allah berikan kepadanya, akan tetapi dengan maksud agar para pendengar paham bahwa ia adalah seorang yang sholeh, karenanya ia berhak untuk dimuliakan oleh Allah dengan memberikan banyak karunia kepadanya.
Jadi berhati-hatilah kita dalam bercerita dengan orang lain, apalagi dituliskan di media sosial yang dapat dibaca oleh semua orang di dunia. Apalagi sampai dibaca oleh orang lain yang memiliki penyakit hati dan berpotensi menimbulkan rasa hasad kepada kita.
Wallahu A'lam Bishawab.
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar