1. INTRODUCTION
Situs google dapat menghasilkan pencarian yang berbeda sesuai dari negara mana yang kita akses. Misal hasil pencarian google.cz akan berbeda dengan hasil pencarian google.co.id .
Untuk mendapatkan versi google utama atau versi US, kita dapat mengeklik link google.com di kanan bawah yang ada di home page google. Atau cara kedua klik google.com/ncr
2. FILTER IMAGE RESULT BY COLOUR
Saat kita melakukan pencarian dengan gambar kita dapat memfilter hasil pencarian berdasarkan warna dengan mengklik tombol warna di kiri bawah. Sebagai contoh, kita cari gambar dengan keyword tesla, maka yang akan muncul adalah gambar-gambar dengan berbagai warna yang berkaitan erat dengan tesla.
Kita dapat memfilter hasil pencarian berdasar warna misalnya ungu, maka akan terlihat gambar-gambar yang didominasi warna ungu dan kebanyakan menggambarkan aliran listrik dari mesin tesla.
Jika kita memfilter warna merah, maka akan terlihat mobil bernama tesla yang berwarna merah.
Jika kita memfilter warna hitam putih maka akan terlihat foto ilmuwan bernama tesla.
Kemudian jika kita ubah keyword menjadi tesla coil dan filter hitam putih,maka akan terlihat diagram rangkaian mesin tesla.
Kemudian lagi, jika kita sorot satu gambar setelah itu kita klik link similar di bawah gambar itu, maka akan kita temukan gambar-gambar lain yang mirip.
3. HOW SEARCH WORKS
Ketika kita melakukan pencarian di google, sebenarnya kita tidak melakukan pencarian di internet. tapi melakukan pencarian di index web yang dilakukan oleh google. Untuk itulah, belum tentu hal yang tidak kita temukan di google, berarti tidak ada di internet.
Bagaimana google bekerja? Google memiliki tools bernama spider yang bertugas melakukan crawl terhadap halaman di situs-situs internet. Setelah itu spider akan mengikuti setiap link yang ada di situs tersebut sehingga akan menuju ke situs lain, begitu seterusnya sampai terkumpul miliaran halaman situs internet.
Kemudian ketika kita melakukan pencarian, misalnya [cheetah running speed], maka google akan mencari situs yang mengandung kata-kata itu, baik sebagian kata maupun seluruh kata.
Lalu bagaimana google menentukan situs mana yang akan ditampilkan di urutan paling atas? Untuk menentukan itu ada sekitar 200 kriteria seperti:
a. Seberapa sering keyword itu muncul di suatu halaman?
b. Apakah keyword muncul di link, judul atau konten atau tempat lain?
c. Apakah pada halaman tersebut juga terdapat sinonim dari keyword yang kita cari?
d. Apakah situs ini situs berkualitas tinggi atau rendah atau malah situs spam?
e. Berapa pagerank dari situs itu? Berapa situs luar yang merujuk ke situs itu?
Setelah semua pertanyaan kriteria terjawab maka tertampillah urutan situs hasil pencarian. Google melakukan itu semua dalam waktu sepersekian detik.
Dalam melakukan hal itu, Google berkomitmen untuk selalu menyajikan hasil pencarian terbaik. Google tidak pernah menerima pembayaran untuk mengatur urutan hasil pencarian. Google juga menampilkan iklan dengan sangat hati-hati. Google hanya menampilkan iklan yang benar-benar ingin kita lihat. Jika hasil pencarian benar-benar tidak relevan dengan iklan yang ada, maka Google menghilangkan iklan dalam hasil pencarian itu.
Situs google dapat menghasilkan pencarian yang berbeda sesuai dari negara mana yang kita akses. Misal hasil pencarian google.cz akan berbeda dengan hasil pencarian google.co.id .
Untuk mendapatkan versi google utama atau versi US, kita dapat mengeklik link google.com di kanan bawah yang ada di home page google. Atau cara kedua klik google.com/ncr
2. FILTER IMAGE RESULT BY COLOUR
Saat kita melakukan pencarian dengan gambar kita dapat memfilter hasil pencarian berdasarkan warna dengan mengklik tombol warna di kiri bawah. Sebagai contoh, kita cari gambar dengan keyword tesla, maka yang akan muncul adalah gambar-gambar dengan berbagai warna yang berkaitan erat dengan tesla.
Kita dapat memfilter hasil pencarian berdasar warna misalnya ungu, maka akan terlihat gambar-gambar yang didominasi warna ungu dan kebanyakan menggambarkan aliran listrik dari mesin tesla.
Jika kita memfilter warna merah, maka akan terlihat mobil bernama tesla yang berwarna merah.
Jika kita memfilter warna hitam putih maka akan terlihat foto ilmuwan bernama tesla.
Kemudian jika kita ubah keyword menjadi tesla coil dan filter hitam putih,maka akan terlihat diagram rangkaian mesin tesla.
Kemudian lagi, jika kita sorot satu gambar setelah itu kita klik link similar di bawah gambar itu, maka akan kita temukan gambar-gambar lain yang mirip.
3. HOW SEARCH WORKS
Ketika kita melakukan pencarian di google, sebenarnya kita tidak melakukan pencarian di internet. tapi melakukan pencarian di index web yang dilakukan oleh google. Untuk itulah, belum tentu hal yang tidak kita temukan di google, berarti tidak ada di internet.
Bagaimana google bekerja? Google memiliki tools bernama spider yang bertugas melakukan crawl terhadap halaman di situs-situs internet. Setelah itu spider akan mengikuti setiap link yang ada di situs tersebut sehingga akan menuju ke situs lain, begitu seterusnya sampai terkumpul miliaran halaman situs internet.
Kemudian ketika kita melakukan pencarian, misalnya [cheetah running speed], maka google akan mencari situs yang mengandung kata-kata itu, baik sebagian kata maupun seluruh kata.
Lalu bagaimana google menentukan situs mana yang akan ditampilkan di urutan paling atas? Untuk menentukan itu ada sekitar 200 kriteria seperti:
a. Seberapa sering keyword itu muncul di suatu halaman?
b. Apakah keyword muncul di link, judul atau konten atau tempat lain?
c. Apakah pada halaman tersebut juga terdapat sinonim dari keyword yang kita cari?
d. Apakah situs ini situs berkualitas tinggi atau rendah atau malah situs spam?
e. Berapa pagerank dari situs itu? Berapa situs luar yang merujuk ke situs itu?
Setelah semua pertanyaan kriteria terjawab maka tertampillah urutan situs hasil pencarian. Google melakukan itu semua dalam waktu sepersekian detik.
Dalam melakukan hal itu, Google berkomitmen untuk selalu menyajikan hasil pencarian terbaik. Google tidak pernah menerima pembayaran untuk mengatur urutan hasil pencarian. Google juga menampilkan iklan dengan sangat hati-hati. Google hanya menampilkan iklan yang benar-benar ingin kita lihat. Jika hasil pencarian benar-benar tidak relevan dengan iklan yang ada, maka Google menghilangkan iklan dalam hasil pencarian itu.
Posting Komentar