Mengubah Koordinat dari DMS ke Desimal dan sebaliknya

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan tugas untuk melakukan monitoring di beberapa tempat sekaligus untuk memperoleh peta dari tempat tersebut lengkap dengan koordinatnya. Bagi yang memiliki perangkat GPS mungkin tidak terlalu masalah dengan hal tersebut. Namun karena saya hanya memiliki GPS yang built in pada handphone, maka tentu saja memiliki banyak keterbatasan.

Untuk memperoleh peta dari tempat yang kita datangi kita bisa menggunakan bantuan wikimapia.org. Keterbatasannya adalah jika kita menginginkan peta dari lokasi-lokasi di pelosok, maka  fasilitas zoom tidak sebesar zoom pada lokasi di kota besar yang bisa sampai kelihatan atap rumahnya.

Di wikimapia kita juga bisa memperoleh koordinat dari lokasi tersebut. Masalah muncul bila format koordinat yang diinginkan tidak didapat dari wikimapia. Untuk mengubah format koordinat kita bisa memanfaatkan alat bantu excel di bawah ini. File excel ini terdiri dari dua sheet yang masing-masing bisa mengubah format koordinat dari DMS ke Desimal dan sebaliknya.

Selamat mencoba!!
Klik disini untuk mendownload file excel yang dimaksud.
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

4 komentar

Makasih bgt,
tabel konversi'a sangat bermanfaat dan membantu :)

Reply

gimana cara pake nya, kok g bisa ci entry datanya ;D

Reply

bgmn cara merubah koordinat lokal yg di ambil dari total station ke utm global? mohon petujuknya brader.

Reply

Bagaimana kalau merubah dari detik 4 digit ke detik 3 digit
Contoh
08°02'4551 menjadi brp detik nya kalau 3 digit?
08°02'??? (3 digit)

Reply

Posting Komentar