Aku Dan Oppo N1 : Ketika Kamera Smartphone pun Bisa Berputar

Perjanjian perdagangan antara China dan ASEAN yang dikenal dengan ASEAN-China FTA sejak tahun 2010 memberikan dampak yang signifikan terhadap arus barang masuk dari China. Tak terkecuali pasar handphone yang banyak menerima pasokan dari China. Bak jamur di musim hujan, tidak sedikit merek handphone lokal buatan China yang bermunculan di Indonesia. Masyarakat sebagai konsumen disuguhi pilihan handphone yang semakin banyak dengan variasi harga yang relatif murah. Namun seperti lazimnya jamur yang berumur pendek, banyak merek handphone besutan China yang berguguran dan tidak terdengar lagi gaungnya. Selain karena persaingan perbebutan konsumen yang sengit, juga karena kualitas dari handphone yang sebanding dengan harganya. Akibatnya, tercipta satu stigma negatif dari masyarakat yang menganggap handphone buatan China kualitasnya di bawah standar handphone buatan negara lain. Padahal kabarnya yang terjadi adalah pengusaha domestik memesan handphone tanpa merk di China kemudian diimpor dan diberi merk untuk selanjutnya dipasarkan di Indonesia. Sehingga pengusaha handphone lokal sama sekali tidak terlibat dalam proses produksi. Meski sulit dikonfirmasi kebenaran itu, namun paling tidak itulah penjelasan paling masuk akal, karena sebagian besar merk handphone lokal itu ternyata tidak ada di China, alias hanya dijual di Indonesia.
Aku dan OPPO N1

Ketika pasar sudah mulai jenuh dengan fenomena handphone murah lokal, muncullah OPPO merk handhone asli buatan China. OPPO bukanlah pemain baru di dunia handphone. Sejak memasuki pasar handphone pada tahun 2008, OPPO telah dikenal di Asia bahkan Amerika Utara dan Eropa yang dikenal sebagai pasar produk kelas atas. Perbedaan mendasar antara OPPO dan handphone lokal adalah bahwa OPPO memegang kontrol penuh atas semua rantai proses produksi yang berjalan, sehingga OPPO bisa memastikan bahwa produk dengan kualitas terbaiklah yang disajikan kepada para konsumen. Hasilnya, pada pertengahan tahun 2012 lalu OPPO mengukir prestasi pencapaian produk berkualitasnya dengan menelurkan smartphone dengan ketebalan hanya 6,65mm dan menjadi smartphone paling tipis di dunia saat itu. Di sisi pemasaran, ekspansi pasar dilakukan tanpa henti dan pada bulan April 2013 lalu, giliran Indonesia menjadi pasar baru bagi OPPO.


Salah satu produk smartphone terbaru OPPO yang akan dilaunching secara resmi di Indonesia adalah OPPO N1. Indonesia akan menjadi negara kedua yang melaunching OPPO N1 setelah sebelumnya produk ini telah dilaunching di negara asalnya, China. Kebijakan ini menunjukkan bahwa OPPO menganggap Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial. Berbagai persiapan launching telah dilakukan seperti fasilitas pre-order bagi pelanggan, berbagai lomba hingga pemasangan banner hitung mundur pada home page OPPO Indonesia.

OPPO N1 adalah smartphone high-end yang dibekali dengan spesifikasi premium. OPPO N1 tercatat sebagai ponsel pertama di dunia yang dilengkapi dengan fasilitas kamera yang dapat diputar 206 derajat. Kamera 13MP ini dilengkapi sensor CMOS dan Aperture  dengan bukaan mencapai f/2.0 atau hampir setara dengan kamera DLSR entry level.

Di sisi tampilan, smartphone dengan OS Android 4.2 Jelly Bean ini mempunyai layar selebar 5,9 inci dengan resolusi mencapai 1080 x 1920 pixel. Grafisnya disokong oleh Adreno 320 dan RAM 2GB yang menjadikan telepon genggam ini nyaman saat digunakan. Sementara di sisi prosesor dibenamkan Quad-core Krait 300 dengan kecepatan 1,7GHz yang bersanding dengan chipset Qualcomm Snapdragon 600. Semua ini akan memperoleh tenaga listrik dari baterai berdaya 3610 mAh.

Bagi end-user seperti saya, spesifikasi yang rumit seperti ini mungkin dapat sederhanakan menjadi sebagai berikut. OPPO N1 memiliki lebar layar yang pas, tidak selebar tablet yang tidak bisa dikantongi, namun juga tidak sekecil ponsel candy bar yang membuat mata pusing jika digunakan berlama-lama. Kameranya bisa diputar, sehingga tidak ada lagi hambatan untuk hobi berfoto narsis menggunakan kamera hampir setara DSLR. Baterai dengan daya besar, jadi bisa menghemat anggaran untuk membeli power bank. Itulah sekelumit alasan dari banyak alasan kenapa smartphone ini bisa membuat saya ngiler tanpa tidur.

Penasaran dengan tampilannya? Silahkan lihat videonya di sini :
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

4 komentar

nice artikel, oppo n1 memang menggoda....! pengen cepet-cepet punya nih hp heheh... :)

oh ya mhon kunjungan baliknya dan minta komentarnya juga ya...! trims #salamblogger :))

http://kenichii.blogspot.com/2013/10/cerita-aku-dan-oppo-n1.html

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

keren gan

http://neptuniums.blogspot.com/2013/10/aku-oppo-n1-oppo-n1-next-oppo-idol-2013.html

Reply
Anonim mod

good

Reply

Posting Komentar