HSI 5.03 : Menjalankan Perintah Alloh Bekal Menuju Akhirat

Photo Credit : Nabawia.com
Perintah Alloh Subhanahu Wa Ta'ala apabila dijalankan dengan ikhlas dan sesuai dengan sunnah Rosululloh Sholallohu 'alaihi wasallam maka akan menjadi khasanah/ pahala dan bekal menuju akhirat bagi seorang hamba. Perintah yang paling dicintai oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala adalah apa yang Alloh wajibkan. Rosululloh Sholallohu 'alaihi wasallam bersabda, Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berkata,

 وَمَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِي بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ
Dan tidaklah hamba-Ku bertaqarrub kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih aku cintai dari pada apa yang sudah Aku wajibkan atasnya (HR. Bukhori).
Oleh karena itu seorang muslim, hendaknya memperhatikan kewajiban-kewajiban yang telah Alloh wajibkan atasnya dan melaksanakan kewajiban tersebut dengan sebaik-baiknya. Kewajiban di sini ada yang berkaitan dengan hak Alloh seperti Tauhid, Sholat lima waktu, Puasa Ramadhan, Haji bagi yang wajib dan lain-lain. Dan juga ada yang berkaitan dengan hak makhluk seperti menafkahi orang yang menjadi tanggungan, berbakti kepada kedua orang tua dan lain-lain.
 
Kemudian apabila seorang hamba memiliki waktu dan kemampuan maka hendaknya dia menambah bekal dengan amal sholeh yang mustahab atau disunnahkan seperti sholat-sholat sunnah, puasa-puasa sunnah, shodaqoh sunnah, membaca Al-Qur'an dan lain-lain. Memilih di antara amalan tersebut yang bisa dia kerjakan dengan baik dan bisa dilakukan secara terus-menerus.
 
Di antara amalan yang besar pahalanya adalah menuntut ilmu agama, dzikrulloh, berjihad di jalan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala, akhlak yang baik, berdakwah di jalan Alloh dan lain-lain. Orang yang sibuk dengan sesuatu yang menjadi kewajibannya sehingga tidak bisa mengerjakan sesuatu yang mustahab atau sunnah, maka dia mendapatkan uzur. Adapun orang yang sibuk dengan sesuatu yang mustahab kemudian dia lalai dengan kewajiban dia, maka orang tersebut adalah orang yang tertipu.
 
Mintalah kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala pertolongan di dalam beramal dan mintalah kepada-Nya supaya amalan tersebut diterima. Semoga Alloh Subhanahu Wa Ta'ala memasukkan kita ke dalam surga-Nya dengan sebab amal kita yang sedikit dan penuh dengan kekurangan ini dan rahmat serta kasih sayang Alloh Subhanahu Wa Ta'ala lebih kita harapkan dari pada amalan kita.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/9qzxteo9vix9xcn/hsi%205.3.mp3?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar