HSI 5.04 : Meninggalkan Kemaksiatan Merupakan Bekal Menuju Akhirat

Photo Credit : tribunnews.com
Meninggalkan kemaksiatan apabila dilakukan karena takut kepada Alloh berdasarkan dalil yang shohih, maka ini akan menjadi pahala bagi seorang hamba. Sebaliknya kemaksiatan apabila dilakukan seorang hamba, maka itu akan menjadi sayyi'ah (dosa) yang membahayakan keselamatan dia di akhirat kelak.
 
Dosa bertingkat-tingkat, dan dosa yang paling berbahaya adalah dosa yang mengekalkan pelakunya di dalam neraka apabila dia mati dan tidak bertaubat dari dosa tersebut. Yang pertama adalah kufur besar atau kekafiran, yaitu menentang apa yang dibawa oleh seorang utusan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala seperti menentang tauhid, mendustakan ke-Nabi-an seorang Rosululloh, mengingkari syariat yang beliau bawa, padahal dia mengetahui bahwasanya itu adalah syariat-Nya, atau mengejek dan mengolok-olok Alloh, Rosul-Nya dan juga ayat-ayat-Nya dan lain-lain.
 
Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat Al-Baqoroh : 39

 وَٱلَّذِينَ كَفَرُواْ وَكَذَّبُواْ بِـَٔايَـٰتِنَآ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ أَصۡحَـٰبُ ٱلنَّارِ‌ۖ هُمۡ فِيہَا خَـٰلِدُونَ
Dan orang-orang yang kufur dan mendustakan ayat-ayat Kami, merekalah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
Yang kedua adalah syirik besar. Syirik ini lebih khusus dari kekufuran. Setiap syirik adalah kekufuran. Tapi tidak setiap kekufuran adalah syirik. Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat Al-Maidah : 72

 إِنَّهُ ۥ مَن يُشۡرِكۡ بِٱللَّهِ فَقَدۡ حَرَّمَ ٱللَّهُ عَلَيۡهِ ٱلۡجَنَّةَ وَمَأۡوَٮٰهُ ٱلنَّارُ‌ۖ وَمَا لِلظَّـٰلِمِينَ مِنۡ أَنصَارٍ۬
Sesungguhnya barang siapa yang menyekutukan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala maka sungguh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala mengharamkan atasnya surga dan tempat kembalinya adalah neraka dan tidak ada penolong bagi orang-orang yang berbuat zalim.
Yang ketiga adalah nifaq besar, yaitu menyembunyikan kekufuran di dalam hati dan menampakkan keimanan dengan lisan dan perbuatan. Orang munafik termasuk orang kafir, bahkan lebih besar dosanya dari orang kafir yang menampakkan kekafirannya. Dan di akhirat azab mereka lebih dahsyat. Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat An-Nisa : 145

 إِنَّ ٱلۡمُنَـٰفِقِينَ فِى ٱلدَّرۡكِ ٱلۡأَسۡفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمۡ نَصِيرًا
Sesungguhnya orang-orang munafik berada di lapisan paling bawah dari neraka. Dan engkau tidak akan mendapatkan penolong bagi mereka.
Alhamdulillah yang telah memberikan kita petunjuk kepada Islam, kalau bukan karena Alloh Subhanahu Wa Ta'ala niscaya kita tidak mendapatkan petunjuk. Semoga Alloh Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kita ketetapan hati di atas agama islam ini sampai kita bertemu dengan-Nya.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/rbeisw8j01i2n3l/hsi%205.4.m4a?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

2 komentar

Assalamu'alaikum ..
Pak boleh kah saya copas tulisan bpk dari HSI pertama sampai akhir?

Reply

Waalaikumsalam.silakan

Reply

Posting Komentar