ELS Computer : Patokan Harga Laptop Murah di Yogyakarta


Beberapa bulan yang lalu ibu saya meminta bantuan kepada saya untuk membelikan sebuah laptop. Dengan anggaran yang telah ditentukan sebelumnya, saya ditugasi untuk mencari laptop yang beliau inginkan. Karena tidak terlalu mengerti mengenai spesifikasi yang bagus dari sebuah laptop, beliau menyerahkan pilihan merk dan spesifikasi laptp kepada saya. Ibu saya hanya memberikan patokan bahwa laptop yang diinginkannya harus mampu menjalankan fungsi yang dibutuhkan dalam bekerja. Dan tentunya ibu saya akan sangat senang jika saya bisa memperoleh laptop murah.
Membeli laptop bukanlah suatu hal yang baru bagi saya. Sudah tiga kali saya berganti laptop dan sebanyak itu pula saya membeli laptop. Dari pengalaman sebelumnya, ada dua hal penting yang harus dipikirkan sebelum membeli laptop. Yang pertama apakah spesifikasi laptop sudah sesuai dengan kebutuhan? Jangan sampai laptop yang kita beli nanti terlalu tinggi spesifikasinya sehingga biaya yang dikeluarkan terlalu besar. Atau laptop murahan dengan spesifikasi yang terlalu rendah, sehingga saat pemakaian tidak bisa digunakan secara optimal untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun untuk urusan ini saya tidak terlalu pusing karena banyak informasi mengenai spesifikasi sebuah laptop yang dapat saya baca di internet.

Yang kedua berapakah patokan harga yang pantas untuk laptop yang ingin saya beli? Beragamnya jenis dan variasi laptop, membuat harganya pun sangat bervariasi, sehingga informasi harga laptop juga beragam dan cenderung sulit menentukan harga mana yang dapat dijadikan patokan. Informasi tentang kisaran harga ini sangat diperlukan agar saat transaksi nanti kita dapat memperoleh laptop murah. Dan pengalaman saat membelikan laptop ibu saya menjadikan hal kedua ini tidak sesulit sebelumnya.
Di Yogyakarta saya biasa membeli peralatan elektronik di sebuah mall besar yang khusus menjual barang-barang itu. Namun pengalaman membeli laptop sebelumya, karena banyaknya pilihan toko di sana justru membuat saya bingung akan membeli laptop di toko yang mana. Untuk itu, kali ini saya mencoba datang ke ELS Computer, sebuh toko laptop yang besar di Yogyakarta. Saya berniat mengambil daftar harga di sana sebagai patokan, baru kemudian pergi ke mall. Setelah mengetahui harga laptop di ELS Computer, saya pergi ke mall dan mencari toko mana yang menjual laptop dengan harga yang lebih murah. Setelah beberapa waktu berkeliling dan membandingkan harga yang ada ke beberapa toko, ternyata tidak ada satupun yang menjual dengan harga lebih murah dari ELS Computer. Namun karena sudah kelelahan saya terpaksa membeli di salah satu toko yang memberikan harga termurah, meskipun tetap saya masih lebih mahal dibanding harga di ELS Computer. Satu pelajaran berharga yang dapat dipetik dari pengalaman saya, kalau ingin membeli laptop murah, belilah di ELS Computer.

ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014