Belajar Google Power Search 1: How Google Works (2)

4. The art of keyword choice
Agar hasil pencarian di Google bisa efektif dan cepat, maka kita harus memilih keyword atau query yang tepat. Untuk itu, ketika kita melakukan pencarian, perhatikan tiga hal berikut :
  • Pikirkan apa yang sebenarnya ingin anda cari
  • Pilih kata yang kira-kira akan keluar pada halaman pencarian
  • Setinglah pikiran anda seolah-olah anda adalah pengarang dari halaman tersebut.
Contoh pertama ketika kita ingin mengetahui tentang informasi medis terkait patah tangan maka query yang tepat dalam bahasa inggris adalah [broken arm] bukan [busted arm].  Selain itu kita juga bisa memakai query [bone fracture].
Contoh berikutnya, ketika kita ingin memiliki pertanyaan : I heard there was some old city in San Francisco Bay. What was it called?”, maka alternatif query yang dapat kita tuliskan adalah : 
Query diatas terlalu banyak menggunakan kata hanya untuk mendeskripsikan ide yang sederhana, sehingga hasil pnecarian pun tidak optimal.
  • Query di atas lebih singkat dan jelas, namun hasil pencarian tetap kurang memuaskan karena tidak menggunakan pilihan kata yang mungkin dipakai oleh pengarang. 

    Query di atas adalah query yang tepat dan ditandai dengan hasil pencarian yang akurat dan tepat.
  5. Word Orders Matters
  • Pilihan kata adalah penting. Contohnya ketika kita mengetik [WHO] maka yang keluar dalam hasil pencarian adalah organisasi kesehatan dunia. Kita ketik [a who] yang keluar adalah judul film. Kita ketik [the who] yang keluar adalah grup band musik.
  • Urutan kata adalah penting. Ketika kita mengetik [blue sky] akan memperoleh hasil pencarian yang berbeda dengan [sky blue].
  • Besar kecil huruf tidak penting. Ketika kita mengetik [hitam manis] dan [HiTam MAnis] maka hasil yang keluar adalah sama.
  • Tanda baca tidak penting . Sebagian besar tanda baca yang kita ketik tidak akan mempengaruhi hasil pencarian. Contoh tanda baca adalah seperti : ¶, £, €, ©, ®, ÷, §, (), ?, !.
  • Pengejaan kata penting, namun kadang akan memperoleh bantuan dari google ketika kata yang anda ketik kemungkinan salah ejaan. Ketika kita mengetik [susiol bambang yudoyono] maka akan ada bantuan pengecekan ejaan menjadi [susilo bambang yudoyono] 
6. Menemukan teks di halaman situs
Untuk mempercepat pencarian kata di halaman situs, kita bisa memakai control + F atau command + F di mac. Dengan menggunakan hal ini, pencarian kata akan lebih cepat 10%.
sumber : http://www.powersearchingwithgoogle.com/
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar