HSI 5.05 : Dosa-dosa Besar dan Dosa-dosa Kecil

Di antara dosa yang berbahaya bagi seorang hamba di akhirat yang pertama adalah dosa bid'ah yang tidak sampai mengkafirkan pelakunya. Bid'ah secara istilah syariat adalah cara yang diada-adakan di dalam agama yang menyerupai syariat, dimaksudkan untuk berlebih-lebihan di dalam bertaqarrub kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Dan bid'ah adalah perkara yang paling jelek. Rosululloh Sholallohu 'alaihi wasallam bersabda :

 وَشَرُّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ
Dan sejelek-jelek perkara adalah perkara-perkara yang diada-adakan. Dan setiap bid'ah adalah sesat (HR. Muslim)
Orang yang melakukan bid'ah seakan-akan menganggap agama yang dibawa oleh Rosululloh Sholallohu 'alaihi wasallam belum sempurna dan seakan-akan dia telah menuduh Rosululloh Sholallohu 'alaihi wasallam mengkhianati risalah Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Pelaku bid'ah merasa dirinya di atas petunjuk, sehingga sulit bagi dirinya untuk memperoleh hidayah kecuali orang yang Alloh Subhanahu Wa Ta'ala rahmati.
 
Yang kedua, di antara dosa-dosa yang berbahaya bagi seorang hamba adalah dosa-dosa besar. Yaitu semua dosa yang diancam pelakunya dengan hukuman di dunia atau laknat dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala atau amarah dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala atau diancam dengan neraka. Seperti berzina, mencuri, riba, durhaka kepada orang tua, membunuh tanpa hak dan lain-lain.
 
Kemudian yang ketiga, adalah dosa-dosa kecil yaitu dosa yang tidak sampai kepada dosa-dosa besar. Seperti melihat kepada aurat wanita yang tidak halal baginya dan lain-lain. Dosa kecil ini bisa menjadi besar karena beberapa sebab di antaranya adalah apabila dilakukan secara terus-menerus tanpa melakukan taubat kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Rosululloh Sholallohu 'alaihi wasallam bersabda :

 إِيَّاكُمْ وَمُحَقَّرَاتِ الذُّنُوبِ فَإِنَّهُنَّ يَجْتَمِعْنَ عَلَى الرَّجُلِ حَتَّى يُهْلِكْنَهُ
Hati-hatilah kalian dengan dosa-dosa yang dianggap ringan, karena sesungguhnya dosa-dosa tersebut berkumpul pada diri seseorang sampai membinasakannya (Hadits Shahih Riwayat Imam Ahmad).
Dosa berupa kedzoliman kepada orang lain baik harta, kehormatan maupun fisik akan menjadi penyesalan di hari kiamat, apabila tidak meminta dihalalkan di dunia ini.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/lgb35xbom3uqeoy/hsi%205.5.mp3?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar