Ringkasan Kajian Ustadz Ammi Nur Baits : Keutamaan Bulan Sya'ban

Kajian : Keutamaan Bulan Sya'ban
Ustadz : Ammi Nur Baits ST. BA. (Pembina konsultasisyariah.com)
Tempat : Masjid Al-Ikhlas, Tlatar, Sawangan
Waktu : 21 Rajab 1435/ 10 Mei 2015 

Ringkasan Kajian

  • Sya'ban berasal dari kata Sya'bun yang artinya kelompok/ golongan
  • Dinamakan sya'ban karena dua pendapat. Pendapat pertama, pada bulan ini masyarakat jahiliyah berpencar mencari air. Pendapat kedua, karena pada bulan ini masyarakat jahiliyah berpencar menjadi beberapa kelompok untuk berperang.
  • Sya'ban berada di antara bulan Rajab dan Ramadhan, di mana bulan Rajab adalah salah satu bulan yang diharamkan untuk berperang selain Muharram, Dzulqo'dah dan Dzulhijjah. Sedangkan bulan Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan bagi tiap muslim untuk berpuasa.

Keutamaan Sya'ban

  • Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim
عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا قَالَتْ: وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ
Dari Aisyah R.A berkata: "Aku tidak pernah melihat Rasulullah Sholallohu 'alaihi wasallam melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunah melebihi (puasa sunah) di bulan Sya'ban." (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)
  • Hadits Riwayat An-Nasa'i, Abu Daud dan Tirmidzi
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ : مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ إِلَّا شَعْبَانَ وَرَمَضَانَ
Dari Ummu Salamah R.A berkata: "Aku tidak pernah melihat Rasulullah Sholallohu 'alaihi wasallam berpuasa dua bulan berturut-turut kecuali bulan Sya'ban dan Ramadhan." (HR. Tirmidzi no. 726, An-Nasai 4/150, Ibnu Majah no.1648, dan Ahmad 6/293)
  • Hadits Riwayat An-Nasa'i dan Ahmad
Usamah bin Zaid R.A, ia berkata:
Wahai Rasulullah Sholallohu 'alaihi wasallam, kenapa aku tidak pernah melihat Anda berpuasa sunah dalam satu bulan tertentu yang lebih banyak dari bulan Sya'ban?
Beliau Sholallohu 'alaihi wasallam menjawab:
ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفِلُ النَّاسُ عَنْهُ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الأَعْمَال إِلى رَبِّ العَالمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عملي وَأَنَا صَائِمٌ
Ia adalah bulan di saat manusia banyak yang lalai (dari beramal shalih), antara Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan di saat amal-amal dibawa naik kepada Allah Rabb semesta alam, maka aku senang apabila amal-amalku diangkat kepada Allah saat aku mengerjakan puasa sunah.(HR. Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Khuzaimah. Ibnu Khuzaimah menshahihkan hadits ini)
  • Tiga waktu dilaporkannya amalan manusia :
  1. Laporan Harian : Tiap pagi dan sore
  2. Laporan Pekanan : Senin dan Kamis
  3. Laporan Tahunan : Bulan Sya'ban
  • Hadits hasan Riwayat Ibnu Majah dan Ath-Thabrani
Dari Abu Musa Al Asy'ari radhiallahu 'anhu, dimana Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya'ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan. (HR. Ibn Majah, At Thabrani, dan dishahihkan Al Albani).

Nishfu Sya'ban/ Pertengahan Sya'ban

  • Hadits Riwayat Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا انْتَصَفَ شَعْبَانُ، فَلَا تَصُومُوا
Jika sudah masuk pertengahan Sya'ban, janganlah berpuasa. (HR. Abu Daud 2337)
Terdapat pertentangan antara hadits di atas dengan hadits-hadits sebelumnya. Cara mengkompromikannya menurut Al-Qurtubi adalah, larangan berpuasa adalah bagi orang yang tidak memiliki kebiasaan puasa sunnah sebelumnya. Bagi orang yang tidak terbiasa puasa sunnah maka dilarang puasa setelah pertengahan sya'ban (Aunul Ma'bud 6/330)

Hadits Dhaif Seputar Sya'ban

  • Puasa yang paling utama setelah puasa ramadhan adalah puasa di bulan sya'ban
  • Alloh turun pada malam pertengahan bulan Sya'ban. Dia mengampuni dosa lebih banyak dari jumlah bulu kambingnya Suku Qalb
  • Jika datang malam pertengahan Sya'ban, maka sholatlah di siangnya
  • Rojab adalah bulan Alloh, Sya'ban adalah bulan Rosululloh dan Ramadhan adalah bulan umatku.

Kesimpulan

  • Amalan pada bulan sya'ban:
  1. Memperbanyak puasa
  2. Memperbanyak ibadah pada malam nishfu sya'ban
  • Tidak ada amalan khusus pada malam nishfu sya'ban
  • Bagi yang tidak terbiasa puasa sunnah, maka dilarang puasa sunnah setelah pertengahan sya'ban

Soal-Jawab

  • Do'a memasuki bulan Rajab, Sya'ban dan Ramadhan berdasarkan hadits yang dhaif. Akan tetapi kita boleh berdoa agar bisa bertemu dengan bulan Ramadhan tahun depan dengan redaksi doa sendiri.
  • Tanggal pertengahan bulan sya'ban bisa tanggal 14 sya'ban atau 15 sya'ban tergantung dari umur bulan sya'ban. Untuk itu disarankan kita memperbanyak amalan pada dua malam tadi agar memperoleh keutamaan malam nishfu sya'ban.
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar