Kajian Al-Kabair 3: Perbuatan Sihir: Hukum mendatangi tukang ramal

Mendatangi tukang ramal disini termasuk di dalamnya membaca buku ramalan bintang, shio, zodiak dan sejenisnya.
Ada empat poin terkait mendatangi tukang ramal:
1. Mendatangi tukang ramal dan meyakini bahwa kemampuan tukang ramal berasal dari dirinya sendiri, bukan lewat perantara setan yang mencuri berita dari langit. Maka orang ini dihukumi kafir, karena sesungguhnya hanya Alloh yang mengetahui tentang hal ghoib. Dalilnya adalah:
a. Surah Al-Anaam, Verse 59:
وَعِندَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا هُوَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَمَا تَسْقُطُ مِن وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ الْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ
And with Him are the keys of the unseen treasures-- none knows them but He; and He knows what is in the land and the sea, and there falls not a leaf but He knows it, nor a grain in the darkness of the earth, nor anything green nor dry but (it is all) in a clear book.
b. Surah An-Naml, Verse 65:
قُل لَّا يَعْلَمُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ Say: No one in the heavens and the
earth knows the unseen but Allah; and they do not know when they shall be raised.
2. Meyakini bahwa tukang ramal mengetahui hal ghaib dari setan dan membenarkan apa yang mereka katakan. Jika seperti ini, maka ada dua hukum yang berlaku:
a. Tidak diterima sholatnya selama 40 hari.
b. Dikatakan kufur asghar terhadap apa yang Alloh turunkan kepada Nabi SAW.
3. Mendatangi tukang ramal tetapi tidak membenarkan apa yang mereka katakan. Sama seperti membaca ramalan bintang dll tapi tidak mempercayainya. Maka untuk hal ini hukumnya adalah haram agar muslim tsb tidak semakin terjerumus semakin dalam.
4. Mendatangi tukang ramal dengan maksud untuk mengujinya dan orang tsb dapat membedakan kejujuran dan kedustaan dari tukang ramal serta bertujuan untuk menyingkap kekeliruan tukang ramal. Hukum untuk hal ini adalah boleh.

Sumber: Kajian Al-Kabair RumayshoCom via WA

ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar