HSI 1.6 :Apa Itu Tauhid?

Kita harus memahami apa makna tauhid yang harus kita pelajari dan kita amalkan. Tauhid berarti :
  • Secara bahasa artinya mengesakan
  • Secara istilah artinya mengesakan Alloh di dalam beribadah. Seseorang tidak dinamakan bertauhid sehingga dia meninggalkan semua peribadatan kepada selain Alloh, seperti beribadah kepada selain Alloh, bernadzar kepada selain Alloh, menyembelih kepada selain Alloh dan lain-lain.
Apabila seseorang beribadah kepada Alloh dan menyerahkan sebagaian peribadatan kepada selain Alloh, siapapun dia, maka inilah yang dinamakan dengan syirik yaitu menyekutukan Alloh subhanahu wa ta'ala di dalam beribadah. 


Alloh subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Az-Zukhruf: 26-27 

وَإِذۡ قَالَ إِبۡرَٲهِيمُ لِأَبِيهِ وَقَوۡمِهِۦۤ إِنَّنِى بَرَآءٌ۬ مِّمَّا تَعۡبُدُونَ (٢٦) إِلَّا ٱلَّذِى فَطَرَنِى فَإِنَّهُ ۥ سَيَہۡدِينِ

"dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu sembah, tetapi (aku menyembah) Tuhan yang menjadikanku; karena Sesungguhnya Dia akan memberi hidayah kepadaku"."

Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam bersabda : 

مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَكَفَرَ بِمَا يُعْبَدُ مِنْ دُونِ اللَّهِ حَرُمَ مَالُهُ وَدَمُهُ وَحِسَابُهُ عَلَى اللَّهِ

"Barangsiapa yang mengucapkan kalimat Laa Ilaaha Illallah dan mengingkari terhadap seluruh ibadah kepada selain Allah (maka) darahnya dan hartanya haram (terlindungi) sedangkan hisabnya (perhitungan amalmya) di sisi Allah" (HR. Muslim No. 23)

Rukun kalimat tauhid Laa Ilaa Ha Illallohu ada dua :
  1. Nafi', yaitu pengingkaran terhadap kalimat Laa Ilaa Ha, pengingkaran terhadap Tuhan yang berhak disembah selain Alloh.
  2. Itsbat, yaitu penetapan pada kalimat Illallohu, menetapkan Alloh sebagai satu-satunya sesembahan.
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

https://www.dropbox.com/s/2qxxzc1t7j7eszr/hsi%201.6.aac



Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar