HSI 1.9 : Menyembelih Untuk Selain Alloh Termasuk Syirik Besar

Menyembelih termasuk ibadah yang agung dalam agama islam. Di dalamnya terdapat pengagungan terhadap Alloh, Rob semesta alam, dan merupakan perwujudan cinta dengan mengorbankan sebagian harta kita untuk Alloh, seperti : ibadah qurban di hari raya, aqiqah, hadyu jamaah haji. Alloh subhanahu wa ta'ala telah menyuruh kita menyerahkan ibadah yang mulia hanya untuk Alloh semata. 

Alloh subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al-Kautsar : 2 

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ
"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah" 


Barangsiapa yang menyerahkan ibadah menyembelih ini untuk selain Alloh, dalam rangka mengagungkan dan mendekatkan diri kepada selain Alloh, meskipun kepada seorang Nabi atau seorang wali atau kepada jin dan lain-lain, maka dia telah terjatuh ke dalam syirik besar. Hal ini dapat mengeluarkan seseorang dari islam, membatalkan amalannya dan terkena ancaman laknat dari Alloh subhanahu wa ta'ala.
 
Sebagaimana sabda Nabi sholallohu 'alaihi wa sallam:
 
لَعَنَ اللهُ مَنْ ذَبَحَ لِغَيْرِ اللهِ
"Allah melaknat orang yang menyembelih untuk sesuatu selain Allah."(HR. Muslim) 

Makna dari laknat adalah dijauhkan dari rahmat Alloh subhanahu wa ta'ala. Oleh karena itu, jangan sekali-kali, kita sebagai seorang muslim berqurban dan menyembelih untuk selain Alloh sedikitpun, meskipun dengan seekor lalat dengan harapan untuk memperoleh manfaat atau terhindar dari mudharat. Kita harus yakin bahwa manfaat dan madharat di tangan Alloh subhanahu wa ta'ala semata, dan hanya kepadaNya lah seorang muslim bertawakal. 

Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

https://www.dropbox.com/s/p16x46e12dyp82c/hsi%201.9.mp3



Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar