HSI 1.17: Tathayyur (Merasa Sial dengan Sesuatu)

tathayyur karena gagak hitam
(Photo credit: Fukecha Nabil)
Tathayyur adalah merasa akan bernasib sial karena melihat atau mendengar kejadian tertentu, seperti melihat tabrakan, atau kucing lewat, atau orang berkelahi, atau burung tertentu dan yang semisalnya; kemudian hal tersebut menyebabkan dia tidak jadi melaksanakan hajatnya seperti bepergian, berdagang dll. Tathayyur termasuk syirik kecil apabila perasaan tersebut kita ikuti. Rasûlullâh shallallâhu 'alaihi wa sallam bersabda:

 مَنْ رَدَّتْهُ الطِّيَرَةُ مِنْ حَاجَةٍ فَقَدْ أَشْرَكَ 

"Barangsiapa yang thiyarah menyebabkan dia tidak jadi melaksanakan hajatnya maka dia telah berbuat syirik" (HR. Ahmad, dishahihkan Syeikh Al Albâni rahimahullâh)

Perasaan ini sebenarnya tidak akan mempengaruhi takdir, sebagaimana dinafikan oleh Rasûlullâh shallallâhu 'alaihi wa sallam dalam sabdanya:

 ...وَلاَ طِيَرَةَ... 

"… tidak ada thiyarah …" (HR.Al Bukhâri dan Muslim) 

Maksudnya thiyarah ini adalah sebuah perasaan saja, yang tidak akan berpengaruh terhadap takdir Allah. Oleh karena itu, seorang muslim tidak boleh mengikuti was-was setan dan hendaknya dia memiliki keyakinan kuat bahwa semua yang terjadi di permukaan bumi berupa kebaikan dan keburukan adalah dengan takdir Allah semata, yakin bahwa tidak mendatangkan kebaikan kecuali Allah dan tidak melindungi dari keburukan kecuali Allah, hanya bertawakkal kepadaNya semata, dan berbaik sangka kepada Allah. 

Apabila datang perasaan tersebut maka segera dihilangkan dengan tawakkal dan tetaplah melaksanakan hajatnya. Dan apa yang terjadi setelah itu adalah takdir Allah semata. Adapun Tafâ'ul maka diperbolehkan dalam agama kita. Tafâ'ul adalah berbaik sangka kepada Allah karena melihat atau mendengar sesuatu. 

Dahulu Nabi shallallâhu 'alaihi wa sallam sering bertafâ'ul, seperti ketika perjanjian Hudaibiyyah, utusan Quraisy saat itu bernama Suhail. Suhail adalah bentuk tashgîr (pengecilan) dari sahl yang artinya yang mudah, maka beliaupun berbaik sangka kepada Allah bahwa perjanjian ini akan membawa kemudahan bagi ummat Islam. Maka benarlah persangkaan beliau, Allah membuka setelah perjanjian tersebut pintu-pintu kemudahan bagi umat islam.

Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

https://www.dropbox.com/s/woo0l622nz415y6/hsi%201.17.mp3



Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy MA
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar