HSI 1.12 : Berdoa Kepada Selain Alloh Termasuk Syirik Besar

Berdoa kepada Alloh adalah seseorang menghadap Alloh dengan maksud supaya Alloh subhanahu wa ta'ala mewujudkan keinginannya, baik dengan meminta atau dengan merendahkan diri, mengharap dan takut kepada Alloh subhanahu wa ta'ala. Berdoa dengan makna di atas adalah ibadah. 

Berkata An-Nu'man Ibnu Basyirin radhiallohu 'anhu,

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ ثُمَّ قَرَأَ : وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"Dari Nu'man bin Basyir, dia berkata: Aku telah mendengar Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Doa adalah ibadah", kemudian beliau membaca (firman Allâh) ((Dan Robbmu berfirman: "Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguh-Nya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadahah kepadaKu akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".)) (al-Mukmin/40:60) [HR. Tirmidzi, no: 3247; Ahmad 4/267; Bukhari di dalam Adabul Mufrad, no: 1757. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albâni] 


Makna berdoa kepadaKu adalah beribadah kepadaKu. Apabila doa adalah hak dari Alloh subhanahu wa ta'ala semata, maka berdoa kepada selain Alloh dengan merendahkan diri di hadapan-Nya, mengharap dan takut kepada-Nya sebagaimana ketika dia mengharap dan takut kepada Alloh adalah termasuk syirik besar. 

Dan termasuk doa adalah istighosah, yaitu meminta dilepaskan dari kesusahan, istiadzah (meminta perlindungan), isti'anah (meminta pertolongan). Apabila di dalamnya ada perendahan diri, pengharapan dan takut, maka ini adalah ibadah, hanya diserahkan kepada Alloh subhanahu wa ta'ala semata. Dan perlu kita ketahui bahwasanya, boleh seseorang beristighosah, beristiadzah, beristi'anah kepada mahluk dengan 4 syarat:
  1. Mahluk tersebut masih hidup
  2. Dia berada di depan kita atau bisa mendengar ucapan kita
  3. Dia mampu sebagai mahluk untuk melakukannya
  4. Tidak boleh orang bertawakal dengan sebab tersebut, namun bertawakal kepada Alloh subhanahu wa ta'ala yang menciptakan sebab.
Orang yang beristighosah, beristiadzah, beristi'anah kepada orang yang sudah mati atau orang yang masih hidup tapi tidak di depan kita atau tidak mendengar ucapan kita atau meminta mahluk untuk perkara yang tidak mungkin dilakukan kecuali oleh Alloh, maka ini termasuk syirik besar. 

Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

https://www.dropbox.com/s/csg8nh4mych0jao/hsi%201.12.aac



Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar