HSI 5.47 : Orang, Amalan dan Hal Yang Pertama Kali Dihisab

Photo Credit : deviantart.net/
Orang yang pertama kali dihisab pada hari kiamat ada tiga orang. Yang pertama, orang yang berjihad karena riya'. Dia akan didatangkan dan akan diperlihatkan kenikmatan yang telah Alloh berikan kepadanya maka diapun mengenalnya. Kemudian ditanya oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala,
Apa yang kamu lakukan terhadap kenikmatan ini?
Dia mengatakan,
Aku gunakan untuk berperang di jalanmu sampai aku mati syahid.
Alloh berkata kepadanya,
Kamu dusta. Akan tetapi kamu berperang supaya dikatakan sebagai seorang pemberani dan manusia sudah mengatakan engkau adalah pemberani.
Kemudian didatangkan orang yang mempelajari ilmu dan mengajarkannya dan juga membaca Alquran, akan tetapi ia melakukan itu semua karena riya. Kemudian diperlihatkan kenikmatan yang telah Alloh berikan kepadanya maka diapun mengenalnya. Kemudian ditanya oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala,
Apa yang kamu lakukan terhadap kenikmatan ini?
Dia berkata,
Aku mempelajari ilmu dan mengajarkannya dan aku membaca Alquran karenamu.
Alloh mengatakan,
Kamu dusta, kamu mempelajari ilmu, mengajarkannya supaya dikatakan alim. Dan membaca Alquran supaya dikatakan Qari'. Dan manusia sudah mengatakan demikian.
Kemudian didatangkan orang yang Alloh luaskan hartanya dan telah diberikan berbagai macam harta benda, maka Alloh memperlihatkan kenikmatan yang telah Alloh berikan kepadanya, maka diapun mengenalnya. Kemudian Alloh bertanya,
Apa yang kamu lakukan terhadap kenikmatan ini?
Ia pun menjawab,
Tidaklah aku tinggalkan satu jalan yang engkau cinta. Aku berinfaq di dalamnya, kecuali aku berinfaq ke dalamnya.
Alloh berkata,
Kamu dusta, akan tetapi engkau melakukannya supaya dikatakan dermawan. Dan sungguh manusia telah mengatakan demikian (HR. Muslim).
Amal ibadah yang pertama kali akan dihisab adalah sholat lima waktu. Apakah seorang hamba menyempurnakan sholatnya atau tidak. Jika sempurna, maka akan ditulis sempurna. Dan apabila kurang, maka Alloh Subhanahu Wa Ta'ala akan memerintahkan malaikat untuk melihat sholat-sholat sunnahnya.
 
Apabila dia memiliki sholat-sholat sunnah, maka akan digunakan untuk menambal kekurangan yang dilakukan ketika sholat fardhu (Hadits Shahih Riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah).
 
Adapun hal pertama yang berkaitan dengan hak antar manusia yang akan dihisab adalah tentang darah. Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam bersabda,

أَوَّلُ مَا يُقْضَى بَيْنَ النَّاسِ فِي الدِّمَاءِ 
Hal yang pertama kali akan dihisab yang berkaitan dengan hak antar manusia pada hari kiamat adalah tentang darah (HR. Muslim).

Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


Rohmad Adi Siaman


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar