BIAS 11 : Adab-Adab Memberi Salam 2

Alhamdulillaah washshalaatu wassalaamu 'alaa Rasuulillah. Ikhwan dan akhwat, Assalaamu'alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh.
 
Kita masuk pada halaqoh yang ke-11 dari Baabul Adab. Hadits dari 'Ali bin Abi Thalib رضي اللّه عنه, beliau berkata:
 
ٍقال رسول الله صلّى اللّه عليه وسلّم : "يُجْزِئُ عَنْ اَلْجَمَاعَةِ إِذَا مَرُّوا أَنْ يُسَلِّمَ أَحَدُهُمْ, وَيُجْزِئُ عَنْ اَلْجَمَاعَةِ أَنْ يَرُدَّ أَحَدُهُمْ ".
Cukuplah jika ada sekelompok orang atau sebuah jama'ah jika melewati jama'ah yang lain, maka cukup salah seorang dari jama'ah yang lewat tersebut satu orang memberi salam sudah cukup. Dan sebaliknya, demikian juga jama'ah yang disalami maka cukup satu orang bagi mereka untuk membalas salam tersebut (Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad dan AlBaihaqi).
Para ikhwan dan akhwat yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, hadits ini sanadnya lemah karena dalam sanadnya ada seorang rawi yang bernama Sa'id bin Khalid Al-Khuza'i AlMadani. Dan dia adalah perawi yang dha'if.
Al-Imam Al-Bukhari menyatakan fiihi nazhar. Demikian juga Abu Hatim dan Abu Zur'ah mengatakan dha'iiful hadits (haditsnya lemah). Kemudian juga Daruquthni mengatakan laysa bilqowiy (orangnya tidaklah kuat). Oleh karenanya, secara sanadnya hadits ini adalah lemah. Akan tetapi Syaikh Albani رحمه اللّه menyebutkan syawahid yang menguatkan hadits ini (yang dimaksud dengan syawahid adalah hadits-hadits yang maknanya sama tetapi diriwayatkan dari shahabat-shahabat yang lain). Dan syawahid tersebut seluruhnya sanadnya juga lemah.
 
Oleh karenanya Syaikh Albani mengatakan:
 
لعل الحديث بهذه الطروق يتوقف فيسير حسنا
Mungkin dengan banyaknya jalan-jalan yang lain daripada hadits ini maka hadits ini naik derajatnya menjadi hadits yang hasan.
Oleh karenanya hadits ini juga dihasankan oleh Syaikh Al-bassam dalam kitabnya Tauhidul Ahkam. Intinya, hadits ini wallaahu a'lam, ada yang mendha'ifkan, ada yang menghasankan.
Hadits ini menjelaskan bahwasanya diantara adab yang berkaitan dengan memberi salam, jika ada sekelompok jama'ah yang melewati jama'ah yang lain maka cukup yang memberi salam satu karena hukumnya adalah fardhu kifayah.
 
اذا قام به البعض سقط عن الباقين
Kalau seorang sudah melakukannya, maka yang lain tidak perlu lagi wajib untuk mengucapkan salam.
Demikian juga dalam hal menjawab salam, jika ada seorang datang kemudian memberi salam kepada jama'ah: "Assalaamu'alaykum!". Maka jama'ah tersebut tidak wajib seluruhnya untuk menjawab, tetapi satupun sudah cukup. Akan tetapi kata para ulama mengatakan seandainya mereka menjawab seluruhnya maka ini lebih baik, lebih afdhal.
Demikian juga seandainya mereka jama'ah ini seluruhnya memberi salam dengan suara ramai-ramai "Assalaamu'alaykum!". Maka ini juga lebih afdhal. Karena hadits أَفْشُوا السَّلامَ, Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم mengatakan: Tebarkanlah salam.
 
Hadits ini umum, yang oleh karenanya siapa saja berhak untuk memberikan salam. Oleh karena nya jika jama'ah ramai-ramai memberi salam atau jama'ah ramai-ramai menjawab salam maka ini lebih afdhal, akan tetapi tidak wajib. Yang wajib cukup 1 yang memberi salam dan wajib 1 menjawab.
 
Ini diantara adab salam yang diajarkan oleh Nabi صلّى اللّه عليه وسلّم dalam hadits ini. Kemudian ada adab yang lain yang mungkin kita perlu sampaikan juga.
 
Dalam Alqur'an Allah سبحانه وتعالى berfirman:
 
وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا
Jika kalian diberi salam dengan suatu salam maka jawablah dengan salam yang lebih baik atau yang semisalnya (AnNisaa 86)
Ini penting ya ikhwan dan akhawat, kalau kita bertemu dengan seorang saudara kita kemudian dia memberi salam: "Assalaamu'alaykum warahmatullaah wabarakaatuh ", maka hendaknya kita menjawab dengan jawaban yang sempurna, kita mengatakan "Wa'alaykumussalam warahmatullaahi wabarakaatuh".
 
Kalau dia mengatakan "Assalaamu'alaykum " kita bisa -minimal-(red) jawab "Assalaamu'alaykum" -"Wa'alaykumussalam"-(red) atau kita tambah kita mengatakan "Assalaamu'alaykum warahmatullah" -"Wa'alaykumussalam warahmatullaahi"-(red). Jadi kita berusaha menjawab salam sebagaimana yang dia sampaikan atau lebih baik daripada apa yang dia sampaikan.
 
Demikian juga dalam secara lafal, demikian juga dalam hal misalnya saudara kita datang memberi salam kepada kita dengan wajah tersenyum, dengan memandang kita maka kita berusaha memandangnya dan kita juga berusaha senyum dengan dia karena sebagian orang mungkin karena ada keangkuhan dalam dirinya jika ada yang memberi salam kepada dia maka dia jawab dengan tanpa senyum. Atau dia menjawab tanpa melihat orang yang memberi salam kepada dia. Ini adalah keangkuhan, yaa ikhwan. Allah mengatakan:
 
فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا
Jawablah dengan lebih baik atau yang sama.
Kalau dia senyum, kita senyum. Kalau dia senyumnya berseri, kita berseri-seri. Harusnya demikian, ini adab yang diajarkan oleh Islam.
Oleh karenanya, seorang berusaha menebarkan salam, menjalankan sunnah Nabi صلّى اللّه عليه وسلّم. Dalam hadits Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم menyatakan:
 
لا تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَوَلا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ؟ أَفْشُوا السَّلامَ بَيْنَكُمْ
Kalian tidak akan masuk surga sampai beriman, dan kalian tidak akan beriman kecuali sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang suatu amalan yang jika kalian lakukan maka kalian akan saling mencintai? Maka tebarkanlah salam diantara kalian.
Maka jangan malas kita untuk memberi salam. Ketemu saudara kita, kita beri salam, kita kirim salam kepada saudara kita. Betapa keindahan yang masuk ke dalam hati seseorang tatkala dikatakan si fulan memberikan salam kepada engkau, kemudian kita mengatakan kirim salam balik kepada dia. Ini semua dalam meningkatkan ukhuwah, maka jangan angkuh untuk memberi salam dan jangan angkuh juga untuk menjawab salam.
 
Wabillaahit taufiq, assalaamu'alaykum warahmatullaah wabarakaatuh.
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


Rohmad Adi Siaman


Sumber :
  • Whats App Grup BIAS Group N01-57
  • Transkrip oleh Tim Materi Bimbingan Islam
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar