Ringkasan HSI Al-Qawa'idul Arba' 01: Pengantar Penjelasan Kitab Al-Qawa'idul Arba'

Pengantar Penjelasan Qawaidul Arba'

Kitab Al-Qawa'idul Arba' (Empat Kaidah) adalah kitab yang ringkas yang dikarang oleh Al-Imam As-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab At-Tamimi rahimahulloh (1115-1206H). Beliau telah belajar agama sejak kecil dengan bapak beliau sendiri dan ulama-ulama besar di zamannya, di antaranya adalah Syaikh Muhammad Khayah As-Sindy.

Beliau juga melakukan banyak perjalanan untuk menuntut ilmu seperti ke daerah Hijaz (Mekkah dan Madinah), Basrah dan hampir juga pergi ke Syam namun ada halangan. Di zaman beliau banyak terjadi kerusakan agama berupa kesyirikan yaitu penyembahan terhadap selain Alloh 'azza wa jalla di daerah beliau sendiri dan daerah tetangga. Bentuk kesyirikannya seperti pengagungan terhadap kuburan sahabat Radhiallohuanhu, pengagungan terhadap pohon yang besar. Untuk itu beliau banyak berdakwah kepada semua orang, dari yang kecil sampai yang dewasa, bahkan sampai ke keluarga kerajaan.

Usaha beliau yang lain adalah mengarang kitab, di antaranya :
  1. Al-Qawa'idul Arba'
  2. Kitaabut Tauhid 
  3. Kasyfu Syubhat 
  4. Al-Utsuluts Tsalatsah 
  5. Fadlul Islam 
  6. Ushulul Iman dan lainnya

Kitab Al-Qawa'idul Arba' berisi tentang empat kaidah agar seseorang bisa memahami apa itu tauhid dan syirik dengan kata-kata yang ringkas.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber : Audio HSI oleh Ustadz Abdullah Roy
Diringkas Oleh : Abu Abdul Hafiizh Rohmad Adi Siaman
Jika terdapat kekeliruan dalam ringkasan ini, tolong tulis dalam komentar.

ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar