Ringkasan HSI 7.12: Kitab Al-Injil Bagian 1

Kitab Injil

Injil secara bahasa berasal dari Bahasa Yunani, yang artinya Kabar Gembira. Dalam Al Quran dan Hadists, terdapat beberapa berita tentang Injil:

  • Injil diturunkan kepada Nabi Isa, dinyatakan dalam Quran Surat Al-Hadiid:27

ثُمَّ قَفَّيْنَا عَلَىٰ آثَارِهِمْ بِرُسُلِنَا وَقَفَّيْنَا بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَآتَيْنَاهُ الْإِنْجِيلَ وَجَعَلْنَا فِي قُلُوبِ الَّذِينَ اتَّبَعُوهُ رَأْفَةً وَرَحْمَةً
Kemudian Kami iringi di belakang mereka dengan rasul-rasul Kami dan Kami iringi (pula) dengan Isa putra Maryam; dan Kami berikan kepadanya Injil dan Kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang.
  • Kitab Injil isinya mengikuti isi Taurat kecuali dalam hukum yang sedikit. Menghalalkan sebagian yang sebelumnya diharamkan. Seperti dinyatakan dalam Quran Surat Ali Imran 50:

وَمُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ وَلِأُحِلَّ لَكُمْ بَعْضَ الَّذِي حُرِّمَ عَلَيْكُمْ ۚ وَجِئْتُكُمْ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ
Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) daripada Tuhanmu.

Dalam Injil Perjanjian Baru, Injil Matius Pasal 5 ayat 17-19 yang menghapus hukum Taurat. Nabi Isa Berkhitan: Perjanjian Baru- Injil Lukas Pasal 2 ayat 21. Nabi Isa mengikuti Nabi Musa: Perjanjian Lama Pasal 17 ayat 9-14.

Paulus telah merusak ajaran Nabi Musa dan Nabi Isa, yang mengatakan Sunat adalah dalam hati sebagaimana Perjanjian Baru Roma Pasal 2 , ayat 28-29.


Sumber : Audio HSI Ustadz Abdullah Roy
Diringkas oleh Akh Aribowo bin Soewarno
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Poskan Komentar