HSI 5.36 : Asy-Syafa'atul Udzma (Syafaat Yang Paling Besar)

Asy-Syafa'atul Udzma adalah syafaat yang dilakukan oleh Rosululloh Shallallohu 'alaihi Wasallam untuk para penduduk Padang Mahsyar. Yang isinya adalah permintaan kepada Alloh Subhanahu wa Ta'ala, supaya Allah Subhanahu wa Ta'ala menyegerakan hari keputusan. Dinamakan Asy-Syafa'atul Udzma atau syafaat yang paling besar karena syafaat ini diperuntukkan bagi seluruh manusia, yang mukmin maupun yang kafir.
 
Ketika sudah memuncak kesusahan di Padang Mahsyar, terik Matahari, keringat yang menggenang, waktu yang sangat lama dalam keadaan takut yang sangat menunggu hari keputusan, maka manusia ingin disegerakan hari keputusan tersebut. Mereka mendatangi orang-orang yang memiliki kedudukan yang mulia. Supaya memohon kepada Alloh Subhanahu wa Ta'ala agar menyegerakan hari keputusan. Dan membebaskan mereka dari kesusahan yang berkepanjangan di Padang Mahsyar.
 
Pertama-tama, mereka mendatangi Nabi Adam 'Alaihissalam bapak mereka, manusia yang pertama. Namun beliau enggan, meminta uzur dan merasa tidak berhak, karena beliau 'Alaihissalam pernah memaksiati Alloh Subhanahu wa Ta'ala dengan memakan sesuatu yang dilarang. Kemudian Nabi Adam 'Alaihissalam menyuruh manusia mendatangi Nabi Nuh, Rosul yang pertama yang diutus kepada manusia.
 
Beliau juga enggan dan merasa tidak berhak karena pernah meminta kepada Alloh sesuatu yang tidak dibenarkan. Kemudian Nabi Nuh menyuruh manusia mendatangi Nabi Ibrahim 'Alaihissalam, kekasih Alloh. Beliau juga enggan dan merasa tidak berhak, karena merasa pernah berdusta. Kemudian Nabi Ibrahim 'Alaihissalam menyuruh manusia mendatangi Nabi Musa 'Alaihissalam, seorang Nabi yang pernah diajak bicara oleh Alloh.
 
Namun beliau enggan dan merasa tidak berhak karena pernah membunuh manusia tanpa diperintah oleh Alloh Subhanahu wa Ta'ala. Nabi Musa menyuruh manusia mendatangi Nabi Isa 'Alaihissalam. Beliau juga enggan dan merasa tidak berhak, akhirnya beliau 'Alaihissalam menyuruh manusia mendatangi Nabi Muhammad Shallallohu 'alaihi Wasallam. Kemudian mereka mengatakan,

  يَا مُحَمَّدُ أَنْتَ رَسُولُ اللَّهِ وَخَاتَمُ الْأَنْبِيَاءِ وَغَفَرَ اللَّهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ، اشْفَعْ لَنَا إِلَى رَبِّكَ أَلَا تَرَى مَا نَحْنُ فِيهِ أَلَا تَرَى مَا قَدْ بَلَغَنَا  
Wahai Muhammad, engkau adalah Rosululloh, penutup para Nabi, Alloh Subhanahu wa Ta'ala telah mengampuni dosamu yang telah lalu dan yang akan datang. Lakukanlah syafaat, mintalah kepada Robb-mu untuk kami. Bukankah engkau telah melihat keadaan kami? Bukankah engkau melihat kesusahan kami?
Maka beliau Shallallohu 'alaihi Wasallam menuju bawah 'Arsy Alloh Subhanahu wa Ta'ala dan bersujud kepada Alloh, kemudian Alloh Subhanahu wa Ta'ala mengilhamkan kepada beliau pujian-pujian kepada Alloh yang belum pernah diajarkan sebelumnya kepada seorangpun. Kemudian dikatakan kepada beliau Shallallohu 'alaihi Wasallam,

يَا مُحَمَّدُ ارْفَعْ رَأْسَكَ سَلْ تُعْطَهْ اشْفَعْ تُشَفَّعْ، فَأَرْفَعُ رَأْسِي 
Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu, mintalah maka kamu akan diberi, lakukanlah syafaat, maka kamu akan dikabulkan syafaatmu (HR. Bukhari dan Muslim).
Inilah yang dimaksud dengan Maqomun Mahmud, yaitu kedudukan yang dipuji. Di mana beliau Shallallohu 'alaihi Wasallam akan dipuji oleh seluruh manusia yang telah Alloh Subhanahu wa Ta'ala janjikan untuk beliau Shallallohu 'alaihi Wasallam sebagaimana di dalam Al-Quran Surat Al-Isro : 79

نَافِلَةً۬ لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبۡعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامً۬ا مَّحۡمُودً۬ا  
Semoga Robb-mu membangkitkan dirimu pada kedudukan yang dipuji.




Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


Rohmad Adi Siaman


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

2 komentar

bukan kah dilarang untuk menyebar materi HSI ??

Reply

Tolong diposting disini kalimat larangan nya. Setahu saya dilarang posting transkrip di grup whatsapp

Reply

Posting Komentar