HSI 5.44 : Pertanyaan Ketika Hisab Bagian 1

Ketika hisab, Alloh Subhanahu Wa Ta'ala akan berbicara dengan para hamba dengan cara yang sesuai dengan keagungan Alloh. Alloh akan bertanya tentang apa yang sudah mereka lakukan di dunia. Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam bersabda yang artinya,
Tidaklah di antara kalian kecuali Robbnya akan berbicara kepadanya. Tidak ada antara dia dengan Alloh penerjemah. Dia akan melihat di sebelah kanannya, maka dia tidak akan melihat kecuali amalan yang sudah ia lakukan. Dan melihat sebelah kirinya, maka dia tidak melihat kecuali amalan yang sudah ia lakukan. Dan akan melihat depannya, maka dia tidak melihat kecuali neraka berada di depannya. Maka jagalah diri kalian dari neraka meskipun dengan separuh buah kurma (HR. Bukhari dan Muslim).
Adapun hadits yang berisi bahwasanya ada tiga golongan yang Alloh Subhanahu Wa Ta'ala tidak akan berbicara dengan mereka pada hari kiamat. Orang yang mengungkit-ungkit pemberian, Orang yang menjual barang dengan sumpah palsu, Orang yang musbil yaitu memanjangkan pakaian di bawah mata kaki, yaitu bagi laki-laki (HR. Muslim).
 
Maka yang dimaksud dalam hadits ini seperti yang dikatakan oleh sebagian ulama bahwasanya Alloh Subhanahu Wa Ta'ala tidak akan berbicara dengan mereka dalam keadaan ridho. Tapi Alloh Subhanahu Wa Ta'ala akan berbicara kepada mereka dalam keadaan marah.
 
Di antara hal yang ditanyakan di hari kiamat, yang pertama adalah tentang tauhid kita kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat Al-A'rof : 6

فَلَنَسۡـَٔلَنَّ ٱلَّذِينَ أُرۡسِلَ إِلَيۡهِمۡ وَلَنَسۡـَٔلَنَّ ٱلۡمُرۡسَلِينَ 
Maka sungguh kami akan tanya umat yang telah diutus kepada mereka para Rosul. Dan sungguh kami akan tanya para Rosul.
Kita akan ditanya, bagaimana kita akan menjawab ajakan Rosul dan ajakan Rosul yang paling besar adalah Tauhid. Di antara hal yang akan ditanyakan pada hari kiamat adalah kenikmatan yang Alloh berikan kepada kita di dunia. Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat At-Takatsur : 8

ثُمَّ لَتُسۡـَٔلُنَّ يَوۡمَٮِٕذٍ عَنِ ٱلنَّعِيمِ  
Kemudian sungguh-sungguh kalian akan ditanya pada hari itu, tentang kenikmatan.
Di antara kenikmatan tersebut adalah kenikmatan makanan dan minuman bagaimanapun sederhananya di pandangan manusia. Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam bersabda yang artinya,
Pertanyaan pertama yang akan ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat tentang kenikmatan adalah akan ditanyakan kepadanya, "Bukankan Kami telah menyehatkan badanmu dan memberimu air yang dingin?" (HR. Muslim).
Di dalam hadits yang lain Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam bersabda yang artinya,
Tidak akan bergerak kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat, sampai ditanya tentang umurnya untuk apa dia gunakan, dan ditanya tentang ilmunya apa yang telah dia amalkan, dan akan ditanya tentang hartanya dari mana dia dapatkan dan dalam perkara apa dia gunakan. Dan akan ditanya tentang anggota badannya untuk apa dia gunakan (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi).
Orang yang mensyukuri nikmat tersebut, dialah yang akan selamat. Mensyukuri dengan hati, lisan maupun perbuatan. Hatinya mengakui kenikmatan tersebut, bahwasanya itu adalah dari Alloh, lisannya bersyukur dan memuji kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala dan dia mempergunakan kenikmatan tersebut di dalam hal yang diperbolehkan oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


Rohmad Adi Siaman


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

1 komentar:

Jazakalloh khoiron

Reply

Posting Komentar