Apakah Ice Bucket Challenge?

apakah als ice bucket challenge
Apakah Ice Bucket Challenge
Ice Bucket Challenge adalah sebuah tantangan untuk seseorang untuk mengguyurkan dan menyiramkan air es ke atas kepala. Tantangan ini dilakukan dalam rangka kepedulian terhadap penyakit ALS. Tantangan ini menjadi sebuah kampanye viral yang sangat terkenal di Amerika Serikat dan Eropa.

Bagaimana mekanisme tantangan ini? Ice Bucket Challenge atau ALS Ice Bucket Challenge akan menantang seseorang untuk melakukan guyuran air es ke atas kepala. Jika orang yang ditantang berhasil melakukan tantangan ini, maka ia akan menyuruh orang lain untuk melakukan tantangan yang sama. Jika orang yang ditantang tidak berani melakukan hal tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan, maka orang tersebut harus mendonasikan sejumlah uang untuk lembaga amal yang concern pada penyakit ALS atau ALS Association.

Apa itu penyakit ALS? Penyakit ALS adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong dalam penyakit saraf motor  atau Motor Neuron Disease (MND). Ada juga yang menyebutnya sebagai penyakit Charcot, untuk menghormati Jean-Martin Charcot, dokter ahli patologi Perancis yang kemudian merintis neurologi, yang memperhatikan dan melaporkan dengan cermat gejala pada pasien dan mengusulkan suatu diagnose pada tahun 1874.

Meskipun memperoleh publikasi yang mendunia, kampanye ini memperoleh kritikan oleh berbagai pihak. Kampanye untuk mendukung penderita penyakit ALS ini cenderung menjadi ajang untuk pamer bahwa mereka bisa melakukan tantangan ini. Kalau memang mau menyumbang, ya nyumbang aja ya khan? Gak usah bikin alibi menghindari nyumbang karena sudah melakukan tantangan ini. Dan yang tidak mampu melakukan tantangan inipun mungkin menjadi agak terpaksa dalam menyumbang.


ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar