HSI 2.08 : Mengenal Alloh Dengan Nama Dan Sifatnya

Mengenal Alloh Dengan Nama Dan Sifatnya
Alloh telah mengabarkan dalam Al-Quran bahwa Alloh memiliki nama dan juga sifat. Alloh berfirman dalam Surat Al-A'rof : 180

وَلِلَّهِ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ 
Dan Alloh memiliki nama-nama yang paling baik
Alloh berfirman dalam Surat An-Nahl : 60

وَلِلَّهِ ٱلۡمَثَلُ ٱلۡأَعۡلَىٰ‌ۚ 
Dan Alloh memiliki sifat-sifat yang paling tinggi
Kita mengenal Alloh Subhanahu Wa Ta'ala dengan nama dan sifat tersebut. Kita mengenal Alloh sebagai Zat Yang Maha Penyayang karena memiliki sifat Arrohman Arrohiim. Kita mengenal Alloh sebagai Zat Yang Maha Pengampun karena Dia adalah Al-Ghofur dan seterusnya.
 
Dan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala mengabarkan dalam Al-Quran bahwasanya di antara sifat Alloh adalah beristiwa' di atas 'Arsy. Dan bahwasanya Alloh Subhanahu Wa Ta'ala memiliki dua tangan. Dan bahwasanya Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berada di atas. Dan Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam mengabarkan bahwasanya Alloh Subhanahu Wa Ta'ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam yang terakhir. Dan juga sifat-sifat yang lain.
 
Kewajiban kita sebagai muslim adalah menetapkan nama dan sifat-sifat tersebut karena Alloh Subhanahu Wa Ta'ala lebih tahu tentang diri-Nya dari pada kita semua. Dan Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam lebih mengenal Alloh dari pada kita. Tidak boleh seorang muslim, menolak nama dan sifati-sifat tersebut dan tidak boleh dia menyerupakan, karena Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat Asy-Syura' : 11

لَيۡسَ كَمِثۡلِهِۦ شَىۡءٌ۬‌ۖ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ 
Tidak ada yang serupa dengan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala dan Dia adalah Zat Yang Maha Mendengar dan juga Maha Melihat.
Jadi yang benar, yang harusnya dilakukan oleh seorang muslim, adalah menetapkan nama dan sifat tersebut, sebagaimana datangnya sesuai keagungan dan kebesaran Alloh Subhanahu Wa Ta'ala, tanpa menyerupakan dan tanpa men-takwil nama dan juga sifat tersebut.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

https://www.dropbox.com/s/vhnj6thaz6z6pmq/hsi%202.8.m4a?dl=0



Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar