HSI 3.03 : Mengenal Rosululloh Sebagai Pembawa Larangan Alloh

Mengenal Rosululloh Sebagai Pembawa Larangan Alloh
Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam sebagai seorang utusan, membawa larangan-larangan dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Beliau sampaikan larangan-larangan tersebut kepada kita, supaya kita menjauhi.
 
Beliau Sholallohu 'Alaihi Wasallam bersabda :

مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوْهُ 
Apa yang aku larang, maka hendaklah kalian jauhi (HR. Muslim)
Dan larangan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala ada dua macam, yaitu haram dan makruh (dibenci). Larangan yang haram apabila dikerjakan maka berdosa, seperti berzina, membunuh tanpa haq, riba, berdusta, ghibah (membicarakan orang lain), sihir, perdukunan, minum minuman keras dan lain-lain.

Adapun larangan yang makruh maka apabila dikerjakan perbuatan tersebut dibenci, akan tetapi tidak sampai kepada dosa. Seperti memakan bawang merah dan bawang putih mentah, makan dan minum dengan bersandar, tidur sebelum sholat isya dan lain-lain.

Kita sebagi muslim dan muslimah hendaklah meninggalkan larangan-laangan tersebut dan yakin bahwasanya Alloh Subhanahu Wa Ta'ala tidaklah melarang sesuatu kecuali di sana ada hikmahnya dan ada kebaikan bagi diri kita. Terkadang kita mengetahui hikmah tersebut, dan terkadang kita tidak mengetahuinya.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/ht24o6eiqda1oy2/hsi%203.3.m4a?dl=0



Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar