HSI 4.05 : Rukun Islam

rukun islam
Syariat islam yang dibawa oleh Nabi kita Sholallohu 'Alaihi Wasallam terdiri dari amalan yang dhahir dan batin. Amalan dhahir yang paling penting adalah rukun islam yang jumlahnya ada lima yang tercantum dalam sabda Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam,

اْلإِسِلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكاَةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ   وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً 
Islam adalah engkau bersyahadat Laa ilaa ha illallohu dan bahwasanya Muhammad Rosululloh dan mendirikan sholat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan melakukan haji apabila engkau mampu menuju ke sana (HR. Muslim).
Pertama adalah persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Alloh dan sesungguhnya Muhammad Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam. Maknanya telah diterangkan dalam silsilah nomor satu sampai dengan tiga.
 
Yang kedua adalah mendirikan sholat lima waktu dan hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang dewasa dan berakal. Barang siapa yang mengingkari kewajiban sholat maka dia adalah kafir. Dan barang siapa yang meninggalkannya karena malas padahal mengakui kewajiban tersebut maka dia berada dalam bahaya yang besar, karena para ulama berselisih tentang kekafiran orang tersebut.
 
Yang ketiga adalah membayar zakat hukumnya adalah wajib sebagaimana sholat lima waktu hukumnya juga wajib bagi orang yang terpenuhi syarat-syarat wajibnya. Dan hikmahnya adalah membersihkan jiwa dan harta seseorang.
 
Yang keempat berpuasa di bulan Ramadhan wajib bagi seorang muslim yang dewasa, berakal, memiliki kemampuan dan tidak ada penghalang seperti haid dan nifas.
 
Yang kelima adalah menunaikan ibadah haji hukumnya wajib sekali dilakukan seumur hidup bagi orang yang mampu pergi ke sana dan seorang muslim dan juga muslimah hendaknya memberikan perhatian yang besar kepada rukun islam ini.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/iqtx5j7d352nuul/hsi%204.5.mp3?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

1 komentar:

Bagi Penulis:
Semoga selalu dimudahkan oleh Allah dan dilancarkan dalam urusan Agamanya dan tetap ditunjukkan pada Islam yang Haq.
Bagi Pembaca:
Semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan menjadi salah satu jalan dibukanya pintu hidayah dan petunjuk dan semoga Allah mudahkan untuk mencapai keduanya.

Barrakallahu fiikum

Reply

Posting Komentar