HSI 3.04 : Mengenal Rosululloh Sebagai Pembawa Berita Dari Alloh

Mengenal Rosululloh Sebagai Pembawa Berita Dari Alloh
Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam sebagai seorang utusan, di antara tugasnya adalah membawa berita-berita dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Baik berupa berita-berita masa lalu seperti kisah-kisah para Nabi dan umat-umat terdahulu, maupun berita dari masa yang akan datang, seperti kejadian setelah mati dan kejadian-kejadian di hari akhir.
 
Kewajiban kita sebagai orang yang beriman, adalah membenarkan berita-berita tersebut, bila memang dalilnya shahih.
 
Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat An-Najm 3-4 :

 وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلۡهَوَىٰٓ
إِنۡ هُوَ إِلَّا وَحۡىٌ۬ يُوحَىٰ 
Dan tidaklah beliau berbicara dari hawa nafsunya, tidaklah ucapan beliau kecuali wahyu yang diwahyukan kepada beliau.
Kalau kita benarkan beliau Sholallohu 'Alaihi Wasallam, maka sebenarnya kita telah membenarkan Alloh. Dan kalau kita dustakan beliau, maka sebenarnya kita telah mendustakan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Akal yang sehat tidak akan bertentangan dengan dalil yang shohih. Apabila dalil yang shahih sepertinya tidak masuk akal, maka ketahuilah bahwasanya kekurangan ada di dalam akal kita yang memang sangat terbatas, bukan pada dalil.
 
Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam dikenal oleh kaumnya sebagai orang yang jujur semenjak beliau belum diutus sebagai Nabi. Tidak pernah beliau sekalipun berdusta baik kepada anak kecil, sebaya, maupun kepada orang tua. Baik dalam bercanda maupun dalam keadaan sungguh-sungguh. Apabila beliau Sholallohu 'Alaihi Wasallam tidak berani untuk berdusta atas nama beliau dan atas nama manusia, maka bagaimana beliau Sholallohu 'Alaihi Wasallam berani berdusta atas nama Alloh Subhanahu Wa Ta'ala Robbul 'Alamiin.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

https://www.dropbox.com/s/4hxkpwpmy6fkavd/hsi%203.4.mp3?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar