HSI 4.01 : Pengertian Islam Secara Bahasa Dan Syariat

pengertian islam
Photo Credit : alhujjah.com
Islam secara bahasa adalah penyerahan diri. Sedangkan secara istilah syariat adalah penyerahan ibadah hanya kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala semata.
 
Orang Nasrani dikatakan masuk ke dalam agama islam, apabila meninggalkan penyembahan terhadap Nabi Isa dan juga ibunya Maryam. Dan hanya menyembah dan menyerahkan dirinya kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.
 
Seorang yang beragama islam, adalah orang yang hanya menyerahkan ibadahnya kepada Alloh semata. Tidak menyerahkan sebagian ibadah kepada siapapun selain Alloh, baik seorang Nabi, seorang Malaikat, Jin, orang yang sholeh, batu, pohon dan lain-lain.
 
Oleh karena itu, syarat masuk agama islam adalah syahadat Laa Ilaa Ha Illalloh dan juga syahadat Muhammad Rosululloh. Syahadat Laa Ilaa Ha Illalloh artinya adalah persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dan diibadahi kecuali Alloh. Orang yang sudah mengucapkan Laa Ilaa Ha Illalloh kemudian menyerahkan sebagian peribadahan kepada selain Alloh, maka berarti dia belum memahami makna dari islam atau memahami akan tetapi melanggarnya, dan keduanya adalah musibah.
 
Semoga Alloh Subhanahu Wa Ta'ala memudahkan kita semua dan orang-orang yang kita cintai untuk memahami agama islam ini.
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

https://www.dropbox.com/s/izc473prcwez882/hsi%204.1.mp3?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar