HSI 3.05 : Mengenal Rosululloh Sebagai Pembawa Cara Beribadah Kepada Alloh

Mengenal Rosululloh Sebagai Pembawa Cara Beribadah Kepada Alloh
Alloh Subhanahu Wa Ta'ala ketika mengutus seorang Rosul untuk menyampaikan perintah beribadah, juga mengutus Rosul tersebut untuk menyampaikan tata cara beribadah tersebut. Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam membawa perintah sholat dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala dan juga membawa tata caranya. Membawa perintah puasa dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala dan juga membawa tata caranya.
 
Cara ibadah tidak diserahkan kepada akal kita masing-masing atau kepada budaya atau kepada guru kita. Akan tetapi cara ibadah adalah dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala melalui lisan Rosul-Nya Sholallohu 'Alaihi Wasallam. Dan Alloh tidak menerima amal ibadah kecuali yang dilakukan sesuai dengan cara yang telah diajarkan oleh Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam.
 
Beliau Sholallohu 'Alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ 
Barang siapa yang mengamalkan sebuah amalan yang tidak ada dalilnya dari kami, maka amalan tersebut tertolak (HR. Muslim)
Barang siapa yang mengaku sebagai pengikut Nabi Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wasallam maka hendaklah dia mencukupkan diri dengan ibadah yang sudah beliau ajarkan. Tidak boleh dia membuat ibadah yang baru, yang tidak diajarkan oleh Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam. Dan tidak boleh dia beribadah kecuali setelah dia yakin bahwa dalilnya shahih. Alhamdulillah semua ibadah yang mendekatkan diri kita kepada surga telah Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam ajarkan.
 
Beliau Sholallohu 'Alaihi Wasallam pernah bersabda :

مَا بَقِيَ شَيْءٌ يُقَرِّبُ مِنَ الْجَنَّةِ، ويُبَاعِدُ مِنَ النَّارِ، إِلَّا وَقَدْ بُيِّنَ لَكُمْ 
Tidaklah tersisa sesuatupun yang mendekatkan diri kepada surga dan menjauhkan dari neraka, kecuali sudah diterangkan kepada kalian (HR. At-Thabrani dalam Al-mu'jamil Kabir).
Lebih baik seseorang beribadah sedikit tapi berdasarkan dalil yang shahih, dari pada dia beribadah yang banyak akan tetapi tidak berdasarkan dalil yang shahih.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

https://www.dropbox.com/s/jrn54w705j18twq/hsi%203.5.aac?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar