HSI 4.06 : Rukun Iman

rukun iman
Amalan batin dalam syariat islam yang dibawa oleh Nabi kita Sholallohu 'Alaihi Wasallam adalah rukun iman yang jumlahnya ada enam, sebagaimana sabda Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam ketika beliau ditanya tentang apa itu iman,

 أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُوْلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ
Engkau beriman kepada Alloh, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rosul-rosul-Nya, hari akhir dan engkau beriman dengan takdir yang baik maupun yang buruk (HR. Muslim).
Beriman kepada Alloh telah kita bahas dalam silsilah ilmiah yang pertama dan kedua. Beriman kepada malaikat adalah beriman dengan keberadaannya, dengan nama-nama sebagian mereka, sifat-sifat mereka dan beriman dengan tugas-tugas mereka yang tersebut dalam Alquran dan Hadits yang shahih.
 
Beriman kepada kitab-kitab Alloh adalah beriman bahwa kitab-kitab tersebut berasal dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berisi petunjuk bagi manusia. Beriman dengan sebagian nama-nama dari kitab yang sudah Alloh turunkan seperti suhuf Ibrahim, Zabur, Taurat, Injil dan juga Alquran.
 
Beriman kepada para Rosul adalah beriman bahwa kerosulan adalah pilihan semata dari Alloh, beriman bahwasanya Rosul adalah sebaik-baik manusia, beriman dengan beberapa kekhususan para Rosul 'Alaihissalam, beriman bahwasanya dakwah mereka satu dan lain-lain.
 
Beriman kepada hari akhir adalah beriman dengan segala hal yang berkaitan dengan hari akhir seperti fitnah kubur, nikmat dan azab kubur, tanda-tanda dekatnya hari kiamat, ditiupnya sangkakala, kebangkitan manusia sampai masuknya manusia ke dalam surga ataupun neraka.
 
Beriman kepada takdir adalah beriman bahwasanya Alloh Subhanahu Wa Ta'ala mengetahui segala sesuatu, menulis segala sesuatu dan terjadi segala sesuatu dengan kehendak Alloh dan Dia-lah Alloh Subhanahu Wa Ta'ala yang menciptakan sesuatu. Hendaknya seorang muslim dan muslimah memberikan perhatian yang besar terhadap enam rukun iman ini.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/sf67eqi2f4nys6y/hsi%204.6.mp3?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar