HSI 2.05 : Mengenal Alloh Sebagai Satu-satunya Zat Yang Berhak Untuk Disembah

mengenal alloh sebagai satu-satunya zat yang berhak disembah
Photo Credit : islamgreatreligion.wordpress.com
Apabila Alloh Subhanahu Wa Ta'ala adalah satu-satunya zat yang mencipta, memberikan rezeki dan juga mengatur alam semesta, maka tuntutannya kita tidak boleh menyembah kecuali hanya kepada Alloh. Tidak ada yang berhak disembah dan diibadahi kecuali Alloh Subhanahu Wa Ta'ala semata. 

Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat Al-Baqoroh :21-22
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلنَّاسُ ٱعۡبُدُواْ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُمۡ وَٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ
ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلۡأَرۡضَ فِرَشً۬ا وَٱلسَّمَآءَ بِنَآءً۬ وَأَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً۬ فَأَخۡرَجَ بِهِۦ مِنَ ٱلثَّمَرَٲتِ رِزۡقً۬ا لَّكُمۡ‌ۖ فَلَا تَجۡعَلُواْ لِلَّهِ أَندَادً۬ا وَأَنتُمۡ تَعۡلَمُونَ
Wahai manusia sembahlah Rob kalian. Siapa Rob kalian, yang telah menciptakan kalian dan menciptakan manusia sebelum kalian, supaya kalian bertaqwa. Itulah Rob kalian, yang telah menjadikan untuk kalian Bumi sebagai hamparan dan langit sebagai bangunan dan telah menurunkan dari langit, air, maka Alloh Subhanahu Wa Ta'ala mengeluarkan dengan air tersebut buah-buahan sebagai rezeki bagi kalian. Maka janganlah kalian menjadikan bagi Alloh sekutu-sekutu, sedangkan kalian mengetahui.
Maksudnya janganlah kalian menyekutukan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala, menyembah kepada selain Alloh, sedangkan kalian tahu bahwasanya Alloh yang mencipta, memberikan rezeki dan juga mengatur alam semesta ini. Selain Alloh tidak berhak untuk disembah, karena dia bukan pencipta, bukan pemberi rezeki dan bukan pengatur alam semesta. Apabila mereka disembah, maka mereka adalah sesembahan yang batil. 

Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat Luqman :30

 ذَٲلِكَ بِأَنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلۡحَقُّ وَأَنَّ مَا يَدۡعُونَ مِن دُونِهِ ٱلۡبَـٰطِلُ
Yang demikian itu, karena Alloh Subhanahu Wa Ta'ala, Dia-lah sesembahan yang hak, yang memang berhak untuk disembah. Sedangkan apa yang mereka sembah selain Alloh, adalah sesembahan yang batil, yang tidak berhak untuk disembah.
Apabila seseorang meyakini Alloh yang mencipta, memberi rezeki dan juga mengatur alam semesta, kemudian dia masih menyembah kepada selain Alloh atau menyerahkan sebagian ibadah kepada selain Alloh, maka dia telah berbuat syirik kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala di dalam ibadah. Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam pernah ditanya oleh salah seorang sahabat :
Ya Rosululloh apa dosa yang terbesar di sisi Alloh Subhanahu Wa Ta'ala?
Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam menjawab :

 أَنْ تَجْعَلَ لِلّهِ نِدًّا وَهُوَ خَلَقَكَ
Dosa yang paling besar adalah engkau menjadikan sekutu bagi Alloh Subhanahu Wa Ta'ala padahal Dia-lah Alloh Subhanahu Wa Ta'ala yang telah menciptakan dirimu. (HR. Muslim)
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

https://www.dropbox.com/s/475b6t89zqjqd7u/hsi%202.5.m4a?dl=0



Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar