HSI 5.16 : Dajjal Bagian 2

Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam sebagai seorang Nabi yang sangat menginginkan keselamatan bagi umatnya, telah menyebutkan di dalam hadits-hadits yang shohih tentang ciri-ciri Dajjal. Di antaranya bahwasanya Dajjal adalah orang yang gemuk badannya kulitnya berwarna merah, rambuntya keriting, mata kanannya buta, mata kirinya seperti anggur, dan tertulis di antara kedua matanya tiga huruf Kaf, Fa dan Ro. Dalam riwayat lain disebutkan Kafir. Semua orang yang beriman bisa membaca, baik yang buta huruf maupun yang tidak buta huruf.
 
Ciri-ciri di atas disebutkan dalam hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan juga Muslim. Di dalam shahih Muslim disebutkan bahwasanya Dajjal tidak memiliki anak. Orang yang mengenal Alloh subhanahu wa ta'ala mengetahui bahwasanya Dajjal bukanlah Robbul 'alamin. Mereka tahu bahwasanya Alloh tidak dilihat di dunia dan Alloh tidak buta sebelah. Adapun kehebatan yang dimiliki oleh Dajjal, maka semuanya adalah atas izin Alloh subhanahu wa ta'ala untuk menguji keimanan para hamba. Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam bersabda :
Apabila samar bagi kalian Rob kalian, maka ketahuilah bahwa Rob kalian tabaroka wa ta'ala tidaklah buta sebelah matanya dan sesungguhnya kalian tidak akan melihat Rob kalian tabaroka wa ta'ala sampai kalian meninggal dunia (HR. Ahmad dan Abu Dawud dishahihkan oleh Albani rahimahulloh).
Dajjal akan tinggal di muka bumi selama 40 hari, satu hari pertama seperti satu tahun, satu hari kedua seperti sebulan, satu hari ketiga seperti seminggu dan hari-hari yang lain seperti hari-hari biasa (HR. Muslim). Jadi kurang lebih apabila dihitung dengan hari-hari biasa, dia akan tinggal di bumi selama satu tahun dua setengah bulan.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


Rohmad Adi Siaman


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar