HSI 5.11 : Tanda-tanda Hari Kiamat Yang Sudah Terjadi Dan Telah Berlalu

Hari kiamat adalah hari akhir dunia ini. Alloh subhanahu wa ta'ala mengabarkan bahwa hari tersebut sudah dekat, yaitu apabila dibandingkan dengan umur dunia ini secara keseluruhan. Alloh subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al-Anbiya' :1

ٱقۡتَرَبَ لِلنَّاسِ حِسَابُهُمۡ وَهُمۡ فِى غَفۡلَةٍ۬ مُّعۡرِضُونَ 
Telah dekat perhitungan bagi manusia, sedangkan mereka dalam keadaan lalai lagi berpaling.
Tanda-tanda terjadinya hari kiamat sudah mulai bermunculan. Alloh subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Muhammad : 18

فَهَلۡ يَنظُرُونَ إِلَّا ٱلسَّاعَةَ أَن تَأۡتِيَہُم بَغۡتَةً۬‌ۖ فَقَدۡ جَآءَ أَشۡرَاطُهَا‌ۚ  
Maka mereka tidaklah menunggu kecuali hari kiamat yang akan datang dengan tiba-tiba maka sungguh telah datang tanda-tandanya.
Di antara tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi dan telah berlalu adalah diutusnya Nabi kita Muhammad sholallohu 'alaihi wasallam. Beliau pernah bersabda :

 بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ
Diutusnya aku dan bangkitnya hari kiamat adalah seperti dua jari ini (yaitu jari tengah dan jari telunjuk) (HR. Bukhari dan Muslim)
Dan di antara tanda-tanda hari kiamat yang sudah terjadi dan telah berlalu adalah terbelahnya bulan. Alloh subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al-Qomar : 1

ٱقۡتَرَبَتِ ٱلسَّاعَةُ وَٱنشَقَّ ٱلۡقَمَرُ 
Telah dekat hari kiamat dan telah terbelah bulan.
Dan telah terbelah bulan menjadi dua di zaman Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam ketika orang-orang musyrikin di awal dakwah beliau meminta bukti kerasulan beliau sholallohu 'alaihi wasallam. Kemudian beliau sholallohu 'alaihi wasallam mengatakan kepada mereka "Lihatlah, lihatlah!" (HR. Muslim).
 
Dua tanda di atas sudah terjadi kurang lebih 1400 tahun yang lalu. Tentunya semakin dekatnya hari kiamat hendaklah membuat seorang muslim segera sadar dari kelalaian dia selama ini.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/l1eyv9l6tzlf1op/hsi%205.11.aac?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar