HSI 5.06 : Penghapus Dosa

Setiap anak Adam pasti memiliki dosa. Untuk itu setiap muslim hendaknya mengetahui perkara-perkara yang bisa menghapus dosa tersebut, supaya dia keluar dari dunia ini dengan keadaan sebersih mungkin dari dosa. Empat perkara yang apabila diamalkan bisa menghapus dosa seseorang, yang pertama adalah taubat yang nasuha. Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat At-Tahrim : 8

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ تُوبُوٓاْ إِلَى ٱللَّهِ تَوۡبَةً۬ نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمۡ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمۡ سَيِّـَٔاتِكُمۡ 
Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Alloh dengan taubat yang nasuha, semoga Rob kalian menghapus dosa-dosa kalian.
Taubat yang nasuha adalah taubat yang memenuhi tiga syarat : penyesalan yang mendalam, meninggalkan kemaksiatan tersebut dan bertekad kuat untuk tidak melakukannya di masa yang akan datang. Apabila dosa tersebut berkaitan dengan hak orang lain maka hendaklah segera menunaikan hak tersebut dan minta segera dihalalkan. Apabila berupa harta maka segera dikembalikan dan apabila berupa kehormatan maka segera meminta maaf.
 
Yang kedua memperbanyak memohon maghfiroh dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala dan makna memohon maghfiroh yang pertama adalah memohon supaya ditutupi dosanya dari manusia, kemudian memohon supaya dosa-dosanya tersebut dihapus oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala sehingga tidak diazab dengan dosa yang sudah dilakukan. Rosululloh Sholallohu 'alaihi wasallam bersabda :

 وَاللَّهِ إِنِّي لأَسْتَغْفِرُاللَّه وَأَ تُوْبُ إِلَيْهِ فِي الْيوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِيْنَ مَرَّةً
Demi Alloh, aku beristgihfar kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala dan bertaubat kepada-Nya di dalam sehari lebih dari tujuh puluh hari (HR. Bukhari)
Yang ketiga adalah beramal sholeh. Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat Hud : 114

 إِنَّ ٱلۡحَسَنَـٰتِ يُذۡهِبۡنَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ‌ۚ
Sesungguhnya kebaikan-kebaikan itu akan menghilangkan kejelekan-kejelekan.
Yang keempat adalah bersabar ketika tertimpa musibah. Rosululloh Sholallohu 'alaihi wasallam bersabda :

 مَا مِنْ مُصِيبَةٍ تُصِيبُ الْمُؤْمِنَ إِلَّا كُفِّرَ بِهَا عَنْهُ حَتَّى الشَّوْكَةُ يُشَاكُهَا
Tidaklah ada sebuah musibah yang menimpa seorang muslim, kecuali Alloh Subhanahu Wa Ta'ala akan menghapus dengan musibah tersebut dosanya sampai apabila dia terkena duri (HR. Bukhari dan Muslim)
Oleh karena itu, janganlah seorang muslim berputus asa bagaimanapun besar dosa yang ia lakukan. Perbaikilah amal di sisa umur yang ada. Semoga Alloh Subhanahu Wa Ta'ala Al-Ghoffururrohiim mengampuni dan menutupi dosa-dosa kita yang telah lalu.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/uf8vrwyjyag115a/hsi%205.6.m4a?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar