HSI 5.12 : Tanda-tanda Hari Kiamat Yang Sudah Terjadi Dan Sedang Terjadi

Di antaranya yang pertama adalah keluarnya nabi-nabi palsu setelah Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wasallam. Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam bersabda :
Tidak akan datang hari kiamat sampai datang para pendusta mendekati tiga puluh orang. Semuanya mengaku sebagai utusan Alloh (HR. Bukhari dan Muslim)
Sebagian ulama mengatakan yang dimaksud dengan nabi-nabi palsu di dalam hadits ini adalah orang-orang yang mengaku menjadi nabi setelah Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam dan mereka memiliki banyak pengikut. Seperti Musailamah Al-Kadzab, Al-Aswad Al-Amsi, Muhtar Ats-Tsakofi dan lain-lain. Adapun orang yang mengaku sebagai nabi dan diikuti oleh segelintir manusia, maka ini banyak dan lebih dari tiga puluh orang.
 
Yang kedua berlombanya orang-orang yang dahulunya miskin dalam membangun bangunan. Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam ketika ditanya oleh Malaikat Jibril tentang sebagian tanda-tanda hari kiamat maka beliau mengatakan:
Engkau akan melihat orang yang dahulunya tidak beralas kaki, tidak berpakaian, orang miskin, penggembala kambing, mereka saling berlomba-lomba dalam meninggikan bangunan (HR. Muslim)
Kemudian di antara tanda-tanda hari kiamat yang sudah terjadi dan sedang terjadi yang ketiga adalah disandarkannya pekerjaan kepada orang yang tidak berhak. Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam bersabda yang artinya :
Apabila amanat sudah disia-siakan, maka tunggulah hari kiamat.
Beliau ditanya :
Bagaimana menyia-nyiakan amanat?
Maka beliau sholallohu 'alaihi wasallam mengatakan :
Apabila sebuah perkara sudah disandarkan kepada orang yang tidak berhak, maka tunggulah hari kiamat (HR. Bukhari).
Dan betapa banyak di zaman kita, amanat diberikan kepada orang yang tidak berhak.
 
Kemudian yang keempat adalah salam hanya untuk orang yang dikenal. Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam bersabda dalam sebuah hadits yang shohih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad :

إن من أشراط الساعة أن يكون السلام للمعرفة 
Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari kiamat, apabila salam itu hanya diberikan kepada orang yang dikenal.
Petunjuk Nabi sholallohu 'alaihi wasallam adalah memberikan salam kepada orang yang dikenal maupun orang yang tidak dikenal. Benar apa yang dikabarkan oleh Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam dan apa yang beliau sampaikan semuanya adalah wahyu dari Alloh subhanahu wa ta'ala. Hal ini hendaknya menambah keimanan seorang muslim dan hendaknya dia waspada dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya menghadapi hari kiamat yang sudah semakin dekat ini.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/jpf36przcumis57/hsi%205.12.m4a?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar