HSI 5.10 : Nikmat dan Azab Kubur Bagian 2

Di dalam hadits Al-Barra' radhiallohu 'anhu disebutkan bahwasanya orang yang beriman apabila bisa menjawab fitnah kubur dengan baik akan diberi alas yang berasal dari surga, diberi pakaian dari surga, dibuka pintu menuju surga, sehingga dia diterpa angin surga dan mencium wanginya bau surga dan diluaskan kuburnya sejauh mata memandang. Kemudian ditemani amal sholeh yang selama ini dia lakukan di dunia, yang Alloh wujudkan berupa seorang yang berwajah bagus, berpakaian indah dan berbau wangi.
 
Adapun orang yang kafir, maka ketika tidak bisa menjawab fitnah kubur dia akan diberi alas yang berasal dari neraka, pakaian dari neraka, dibuka pintu menuju neraka sehingga dia diterpa angin yang panas dari neraka. Kemudian disempitkan kuburnya, sehingga tulang rusuknya saling bersilangan. Kemudian ditemani dosa-dosa yang selama ini dia lakukan di dunia, yang Alloh wujudkan berupa seorang yang buruk rupa dan pakaian serta menyengat bau badannya.
 
Secara umum kemaksiatan adalah sebab azab kubur. Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam telah menyebutkan beberapa kemaksiatan yang merupakan sebab azab kubur di antaranya adalah namimah yaitu mengadu domba dan juga tidak menjaga kesucian diri dan juga pakaian dari air kencing. Sebagaimana dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan juga Muslim.
 
Azab kubur bagi orang yang beriman bisa berhenti dan terputus dengan sebab tertentu di antaranya adalah doa orang yang berziarah. Menghindari kemaksiatan dan bertaubat dari kemaksiatan adalah cara untuk selamat dari azab kubur. Doa sebelum salam yang diajarkan Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam hendaknya jangan diremehkan, meskipun hukumnya sunnah.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ 
(HR. Muslim) 

Dan kita memohon kepada Alloh subhanahu wa ta'ala semoga melindungi kita semua dari azab kubur.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


https://www.dropbox.com/s/7lyi23sf6bjxfmg/hsi%205.10.mp3?dl=0


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar