HSI 5.20 : Ya juj dan Ma juj Bagian 1

Photo Credit : blogography.com
Ya'juj dan Ma'juj adalah nama dua umat manusia keturunan Nabi Adam 'alaihissalam. Mereka sudah ada di zaman Zulkarnain dan membuat kerusakan di permukaan bumi. Allah subhanahu wa ta'ala dengan rahmat-Nya telah melidungi manusia dari mereka. Zulkarnain telah membuat dinding raksasa dari besi dan tembaga untuk mencegah mereka keluar sampai waktu yang ditentukan oleh Allah subhanahu wa ta'ala.
 
Di dalam hadits yang shohih yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah rohimahulloh, Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam menyebutkan bahwasannya Ya'juj dan Ma'juj menggali setiap hari dan berusaha untuk keluar. Ketika hampir mereka melihat sinar matahari maka sebagian dari mereka mengatakan,
Kembalilah kalian, besok kita akan menggali kembali.
Dan mereka tidak mengatakan insya Alloh. Maka Allah subhanahu wa ta'ala mengembalikan galian mereka seperti sedia kala, seakan-akan belum meraka gali. Demikian setiap hari sampai ketika sudah waktunya mereka keluar sebagian mereka mengatakan setelah selesai menggali :
Kembalilah kalian, besok insya Alloh kita akan menggali lagi.
Maka pada esok harinya mereka mendapatkan galian mereka dan akhirnya mereka pun bisa keluar. Suatu hari Rasulluloh sholallohu 'alaihi wasallam pernah mengabarkan bahwa di zaman beliau dinding tersebut telah terbuka sedikit, seperti lingkaran yang dibentuk ibu jari dengan jari telunjuk (HR. Bukhori).
 
Kalo sudah mendekat hari kiamat, maka dinding tersebut akan hancur dan mereka pun akan keluar. Alloh subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al-Kahfi: 98-99

فَإِذَا جَآءَ وَعۡدُ رَبِّى جَعَلَهُ ۥ دَكَّآءَ‌ۖ وَكَانَ وَعۡدُ رَبِّى حَقًّ۬ا  وَتَرَكۡنَا بَعۡضَہُمۡ يَوۡمَٮِٕذٍ۬ يَمُوجُ فِى بَعۡضٍ۬‌ۖ 
Zulkarnain berkata, apabila datang janji Rob-ku maka Rob-ku akan menghancur leburkan dinding tersebut. Maka kami akan biarkan mereka pada hari itu bercampur antara satu dengan yang lain.
Dan mereka akan dengan cepat keluar, sebagaimana firman Alloh subhanahu wa ta'ala dalam Surat Al-Anbiya : 96

حَتَّىٰٓ إِذَا فُتِحَتۡ يَأۡجُوجُ وَمَأۡجُوجُ وَهُم مِّن ڪُلِّ حَدَبٍ۬ يَنسِلُونَ  
Hingga apabila dibuka Ya'juj dan Ma'juj dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi.
Alloh subhanahu wa ta'ala telah menjadikan keluarnya Ya'juj dan Ma'juj sebagai salah satu tanda-tanda besar dekatnya hari kiamat.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


Rohmad Adi Siaman


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar