HSI 5.23 Terbitnya Matahari Dari Barat

Photo Credit : astro-event.blogspot.com
Matahari setiap harinya meminta izin kepada Alloh untuk terbit dari timur, sampai ketika tiba waktunya maka Alloh subhanahu wa ta'ala tidak mengizinkan matahari untuk terbit dari timur. Dan menyuruhnya kembali ke tempat dia datang, yaitu arah barat. Akhirnya terbitlah matahari dari barat (HR. Bukhari).
 
Terbitnya matahari dari barat adalah termasuk tanda-tanda besar dekatnya hari kiamat. Apabila manusia melihatnya, maka mereka akan beriman semuanya dan akan yakin bahwa kiamat sudah dekat. Alloh subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al-An'am :158

هَلۡ يَنظُرُونَ إِلَّآ أَن تَأۡتِيَهُمُ ٱلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةُ أَوۡ يَأۡتِىَ رَبُّكَ أَوۡ يَأۡتِىَ بَعۡضُ ءَايَـٰتِ رَبِّكَ‌ۗ يَوۡمَ يَأۡتِى بَعۡضُ ءَايَـٰتِ رَبِّكَ لَا يَنفَعُ نَفۡسًا إِيمَـٰنُہَا لَمۡ تَكُنۡ ءَامَنَتۡ مِن قَبۡلُ أَوۡ كَسَبَتۡ فِىٓ إِيمَـٰنِہَا خَيۡرً۬ا‌ۗ قُلِ ٱنتَظِرُوٓاْ إِنَّا مُنتَظِرُونَ  
Tidaklah mereka menunggu kecuali kedatangan para malaikat yaitu malaikat maut atau kedatangan Alloh atau kedatangan sebagian tanda-tanda kebesaran Alloh. Hari ketika datang sebagian tanda-tanda kebesaran Tuhan-mu, tidak akan bermanfaat iman seseorang yang tidak beriman sebelumnya atau belum beramal kebaikan di dalam imannya. Katakanlah, "Tunggulah, sesungguhnya kita juga menunggu."
Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam menafsirkan bahwa tanda kebesaran Alloh di dalam ayat ini adalah terbitnya matahari dari barat. Saat itu orang kafir bertaubat dari kekafirannya, orang yang beriman yang sebelumnya menyia-nyiakan amal sholeh maka dia akan bertaubat dan beramal sholeh, namun pintu taubat di kala itu sudah tertutup dan amal tidak akan diterima karena dilakukan di saat terpaksa.
 
Kecuali orang mukmin yang sebelum munculnya matahari dari barat sudah beriman dan beramal sholeh, maka amalannya akan diterima. Oleh karena itu maka seorang muslim hendaknya segera bertaubat kepada Alloh subhanahu wa ta'ala dari segala dosa, bagaimanapun besar dosa yang dia miliki dan jangan menundanya.
 
Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam bersabda,

مَنْ تَابَ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ 
Barang siapa yang bertaubat sebelum terbitnya matahari dari barat, maka Alloh subhanahu wa ta'ala akan menerima taubatnya (HR. Muslim).
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :


Rohmad Adi Siaman


Sumber : Audio Halaqoh Silsilah Islamiyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar