BIAS Jumat 3 : Biografi Imam syafi'i dan Imam Abu Syuja'

Pada halaqoh yang ketiga ini kita akan mengenal secara ringkas Asy-Syafi'i dan Imam Abu Suja'. Imam Asy-Syaafi'i beliau bernama Muhammad bin Idris bin Al-Abbas bin 'Utsman bin Syaafi' yang dikenal sebagai Imam Asy-Syaafi'i. Beliau lahir pada tahun 150 H. Pada tahun tersebut, meninggal Imam Abu Hanifah. Oleh karena itu, orang-orangpun mengatakan:
Maatal imam maulidal imam
Meninggal seorang imam digantikan kelahiran seorang imam yang lainnya.
Beliau adalah seorang imam yang masyhur dari kalangan kaum muslimin dan memiliki pendapat atau madzhab yang tersebar ke seluruh penjuru bumi. Imam Syafi'i lahir di Ghazza, Palestina dalam keadaan yatim. Perhatian yang besar sang ibu kepada Imam Syafi'i akan pendidikan Imam Syafi'i menyebabkan ibu Imam Syafi'i memutuskan untuk berpindah ke kota Mekkah, yang mana pada saat itu kota Mekkah dipenuhi oleh para ulama di berbagai cabang ilmu.
 
Imam Asy-Syaafi'i mulai menuntut ilmu dengan menghafal Al-Qur'an. Beliau hafal Al-Qur'an pada saat umur beliau mencapai 7 tahun dan terus menuntut ilmu sehingga dapat menghafalkan Kitab Muwaththa' Imam Malik pada umur beliau mencapai 10 tahun. Dan terus menuntut ilmu sampai beliau diperbolehkan untuk berfatwa dikatakan pada saat umur 15 tahun. Dikatakan pada riwayat yang lain pada saat umur 18 tahun. Dan beliaupun terus menuntut ilmu baik kepada Imam Malik, maupun kepada ulama yang lainnya sehingga menguasai berbagai cabang ilmu di dalam agama.
 
Imam AsySyaafi'i rahimahulloh beliau dikenal sebagai ulama yang tawadhu' yang sangat dermawan. Dan keluasan ilmu beliau, kecerdasan ilmu beliau menjadikan pendapat-pendapat beliau sebagai rujukan bagi kalangan ulama yang lainnya. Imam Asy-Syaafi'i, beliau memiliki karya yang sangat banyak. Diantara yang terkenal Al-Umm dan Ar-Risalah. Dan Imam Asy-Syaafi'i beliau wafat pada tahun 204 H, dengan meninggalkan manfaat yang besar bagi kaum muslimin, rahimahulloh rahmatan waasi'ah.
 
Kemudian Imam Abu Suja', beliau adalah Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Asfahaniy, salah seorang ulama Asy-Syafi'iyyah yang terkenal. Dan beliau dikenal dengan panggilan Al-Qadhi Abu Suja', alqadhi yaitu hakim. Beliau belajar fiqih Asy-Syaafi'i lebih dari 40 tahun di kota Bashrah. Dan Abu Suja' lahir pada tahun 434 H, dikatakan 535 H. Dan dikenal sebagai seorang ulama yang sangat dermawan, yang ahli ibadah, yang wara', yang shalih, yang memiliki ilmu yang luas dan sangat ta'at di dalam melaksanakan agama.
 
Imam Abu Suja' diriwayatkan bahwasanya beliau memiliki umur yang sangat panjang, yaitu mencapai 160 tahun dan dengan kondisi yang sehat wal 'afiyat. Tatkala beliau ditanya tentang rahasianya maka beliau mengatakan:
Saya tidak pernah di waktu muda saya bermaksiat dengan Allah walaupun dengan 1 anggota tubuh saya. Maka alhamdulillaah Allah menjaganya di masa tua saya.
Beliau menulis matan Abu Suja' karena permintaan orang-orang agar beliau meringkas (membuat ringkasan) terhadap madzhab Syafi'i yang mudah dipelajari dan mudah dihafalkan. Dan matan Abu Suja' ini terus dipelajari sampai sekarang ini sampai menunjukkan matan tersebut memiliki kelebihan dan kita berharap keikhlashan dari sang penulis sehingga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjadikan dia kekal, menjadikan dia terus dipelajari kaum muslimin.
 
Imam Abu Suja' menjabat sebagai seorang qadhi, sebagai hakim. Namun di akhir hayatnya beliau sengaja berpindah ke Madinah dalam rangka untuk membaktikan diri melayani masjid Nabawi dengan membersihkannya, dengan menggelar tikar dan melayani para jama'ah sampai akhir hayat beliau.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

Rohmad Adi Siaman


Sumber :
  • Whats App Grup BIAS Group N01-57
  • Catatan Anggota BIAS
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar