BIAS Jumat 1 : Pentingnya Belajar Agama Bagian 1

Photo Credit : republika.co.id
Pada halaqoh pertama muqaddimah bagian pertama, kita akan menjelaskan tentang pentingnya belajar agama. Belajar agama adalah salah satu tanda seseorang dia diberi taufiq untuk mendapatkan kebaikan. Di mana sekarang orang-orang meninggalkan agama, meninggalkan sabda Rasulullah sholallohu 'alaihi wasallam yang merupakan sumber kebaikan dan keselamatan seseorang di dunia maupun di akhirat. Di dalam sebuah hadits riwayat Mu'awiyah radhiallohu anhuma beliau berkata bahwasanya Rasulullah sholallohu 'alaihi wasallam bersabda :
 
مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ
Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan maka niscaya Allah akan fahamkan dia dalam urusan agamanya (HR. Bukhari dan Muslim).
Hadits ini menunjukkan pentingnya pemahaman di dalam agama karena dia adalah alamat kebaikan yang Allah kehendaki dalam diri seseorang. Dan kebalikannya, sesorang yang tidak Allah kehendaki kebaikan pada dirinya niscaya dia tidak akan difahamkan dalam agama. Tidak akan ada keinginan untuk belajar agama, dia sama sekali tidak menoleh kepada ilmu agama sehingga bagaimana dia akan mendapatkan kebaikan mana kala dia tidak faham akan kebaikan itu sendiri. Oleh karena itu, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, beliau mengatakan :
Dan setiap orang yang Allah kehendaki kebaikan pada dirinya maka PASTI Allah akan fahamkan dia dalam urusan agamanya. Dan orang-orang yang dia tidak difahami difahamkan dalam urusan agamanya maka dia tidak diinginkan kebaikan pada dirinya.
Akan tetapi, ini perlu menjadi catatan : Tidak setiap orang yang dia difahamkan dalam urusan agamanya pasti akan dikehendaki Allah kebaikan pada dirinya. Kenapa? Karena kata beliau :
Karena tidak cukup memahami agama, akan tetapi harus disertai dengan mengamalkan pemahaman tersebut.
Oleh karena itu ikhwah fiddin a'aazaaniyallaahu wa iyyakum, kata beliau :
Pemahaman agama itu adalah salah satu syarat untuk mendapatkan keberhasilan, kemenangan, kebahagiaan, kebaikan dan seterusnya.
Oleh karena itu ikhwah fiddin a'aazaaniyallaahu wa iyyakum, bagi siapapun yang menginginkan kebaikan, keselamatan di dunia dan akhirat, yang PERTAMA adalah dia harus mempelajari agamanya. Agama yang Allah turunkan kepada rasulnya kepada Rasulullah sholallohu 'alaihi wasallam karena apa yang Rasulullah sholallohu 'alaihi wasallam bawa itu adalah sumber kemaslahatan, sumber kebaikan dan sumber keselamatan di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang berpaling dari apa yang dibawa Rasulullah صلّى اللّهsholallohu 'alaihi wasallam maka sungguh dia tidak ada kebaikan pada dirinya, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah sholallohu 'alaihi wasallam.
 
Bagaimana seseorang bisa menempuh jalan keselamatan apabila dia tidak mengetahuinya. Bagaimana dia bisa mendapatkan kebaikan berupa surga sementara dia tidak tahu jalannya. Oleh karena itu ikhwah fiddin a'aazaaniyallaahu wa iyyakum, ini adalah pintu pertama pembuka bagi setiap orang yang menginginkan kebaikan di dunia dan akhirat, dia harus memahami perintah Allah dan perintah RasulNya. Dia harus faham akan agamanya karena itu adalah sumber keselamatan di dunia dan di akhirat.
 
Yang KEDUA, bahwasanya pemahaman tadi tidak akan bermanfaat apabila tidak diamalkan. Ini adalah syarat kedua seseorang bisa selamat di dunia dan di akhirat, yaitu mengamalkan ilmunya, mengamalkan apa yang dia fahami. Bagaimana seseorang bisa selamat tatkala dia mengetahui jalan keselamatan akan tetapi dia tidak menempuhnya. Oleh karena itu tidak cukup dengan memahami agama, akan tetapi kita juga mengamalkannya. Oleh karena itu kita berdo'a kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar senantiasa diberikan pemahaman terhadap ilmu agama dan diberikan kemudahan untuk mengamalkannnya dan diberikan taufiq untuk diterima amalan-amalan kita.
 
اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي، وَعَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدِنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِي فَهْمًا وَارْزُقْنِي َعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
Ya Allah berikanlah saya ilmu yang bermanfaat, ya Allah berikanlah manfaat terhadap ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku dan ajarkanlah ilmu-ilmu yang bermanfaat kepadaku dan tambahkanlah ilmu dan berikanlah rizki berupa pemahaman dan berikanlah rizki berupa amal-amal yang diterima disisi Engkau.
Demikian do'a kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dan kepada Allah lah kita berharap dan kita berdoa agar senantiasa membimbing kita di atas hidayah Islam, hidayah Iman sehingga kita bisa bertemu dengan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan hati yang bersih, hati yang diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
 
Anda dapat mendownload audio kajian di atas dengan mengklik link di bawah ini :

Rohmad Adi Siaman


Sumber :
  • Whats App Grup BIAS Group N01-57
  • Catatan Anggota BIAS
ADVERTISEMENTS :

Latihan Soal CAT CPNS 2014

Posting Komentar